Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laut dan Kebun Binatang, Sisi Lain Kota Perth

Kompas.com - 05/11/2015, 15:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain terkenal kota pendidikan bagi warga negara Indonesia, Western Australia (Australia Barat) juga memiliki obyek-obyek wisata lain yang dapat dikunjungi. Berbagai atraksi wisata dapat dicoba ketika mengunjungi Western Australia.

"Destinasi wisata yang ditonjolkan Perth adalah destinasi alam misalnya pantai, gunung, dan hutan. Misalnya Pantai Cottesloe," kata Kepala Negara Bagian (Premier) Western Australia, Colin Barnett saat diskusi terbatas dengan wartawan di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Colin mengatakan Perth juga memiliki kebun binatang dengan koleksi flora dan fauna yang beragam yakni Perth Zoo. Hewan-hewan yang terdapat di kebun binatang tersebut seperti koala, kangguru, kura-kura Galapagos, dan hewan-hewan lain.

"Untuk yang suka petualangan, bisa coba surfing dan diving. Di Rottnest Island bisa coba itu," lanjut Colin.

Colin mengatakan wisatawan dapat mencoba menyelam bersama hiu paus di wilayah laut pesisir Western Australia. Bahkan atraksi wisata lainnya, menurut dia, wisatawan dapat mencoba menelusuri jalan antar kota di Western Australia sambil melihat tumbuhan-tumbuhan yang berwarna-warni.

"Kalau datang musim semi, bunga-bunga di sepanjang jalan luar kota akan tumbuh berwarna-warni," tambahnya.

Obyek wisata lain yang dapat dikunjungi adalah Fremantle. Colin mengatakan Fremantle adalah sebuah kota pelabuhan dengan bangunan-bangunan bersejarah yang masih terjaga.

"Di sana juga tempat berburu kuliner laut. Itu sebabnya, Fremantle masuk 10 kota terbaik menurut Lonely Planet," ujar dia.

Perth memiliki beberapa universitas yang menjadi tempat warga negara Indonesia menimba ilmu. Menurut Colin, para wisatawan Indonesia yang berwisata ke Perth masih terbatas dengan alasan mengunjungi sanak saudara yang sedang berkuliah di Perth. Adapun beberapa universitas di Perth yaitu Curtin University, Murdoch University, Edith Cowan University dan universitas-universitas lain.

Western Australia adalah negara bagian yang mencakup sepertiga luas Benua Australia. Western Australia berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah utara dan barat, Teluk Australia Besar dan Laut Selatan di sebelah selatan, wilayah Nothern Territory di timur laut, dan negara bagian South Australia di bagian tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com