Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiryanti Sukamdani: Semoga Target 12 Juta Wisman Tercapai

Kompas.com - 05/11/2015, 16:26 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) diharapkan dapat tercapai pada akhir tahun 2015. Untuk meraih target tersebut, kinerja Kementerian Pariwisata harus dimaksimalkan.

"Nah kita berharap (kunjungan) nanti bulan Desember. Australia kan musim panas. Eropa menghindari musim dingin," kata Anggota Komisi X DPR RI, Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani usai pembukaan acara "Forum Bisnis Tata Kelola Destinasi Pariwisata" di Hotel Discovery, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Yanti mengatakan bagi industri pariwisata, masa akhir tahun dianggap sebagai masa injury time.

Salah satu yang dapat ditingkatkan untuk menarik kunjungan wisman adalah memaksimalkan kunjungan wisatawan yang berada di batas negara.

"Ini yang dinamakan injury time. Yang saya tahu bisa ditingkatkan (Kementerian Pariwisata) lewat wisatawan cross border seperti Malaysia, Singapura," kata Yanti.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisman adalah menciptakan atraksi-atraksi baru.

"Pada saat injury time, kita harus tingkatkan atraksi wisata. Kan sudah gak mungkin lagi membeli karena sudah banyak dipesan," kata Yanti.

SERAMBI/M ANSHAR Turis dari kapal pesiar Noble Caledonia yang lego jangkar di lepas Pantai Ulee Lheue mengunjungi Museum Aceh, Banda Aceh, Kamis (6/2/2014). Sebanyak 120 turis dari kapal tersebut melakukan city tour mengunjungi sejumlah situs sejarah dan tsunami di Kota Banda Aceh selama enam jam. Tahun 2013 hingga Februari 2014 tercatat 16 kapal pesiar singgah di perairan Aceh dengan kapasitas 120 hingga 500 penumpang.
Sebelumnya diberitakan, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari hingga September 2015 sebanyak 7.191.771 orang atau tumbuh 3,53 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 6.946.849 orang.

"(Kementerian Pariwisata) cukup bagus. Wisatawan cross border banyak kenapa gak coba kita tarik," ujar Yanti.

Pada 5-6 November 2015, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata menggelar acara bernama "Forum Bisnis Tata Kelola Destinasi Pariwisata" di Hotel Discovery, Jakarta.

Sebanyak hampir 25 Destination Management Organizations (DMO) hadir untuk menghadiri acara forum yang baru pertama kali diselenggarakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com