Tips Wisata Spa untuk Pemula Halaman 1 - Kompas.com

Tips Wisata Spa untuk Pemula

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 12/11/2015, 11:03 WIB
KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Spa Uluwatu di Intercontinental Bali Resort
KOMPAS.com - Setelah berwisata di alam bebas maupun usai beraktivitas selama sepekan, spa bisa menjadi pilihan untuk membuat tubuh rileks. Pijatan dari tangan-tangan terapis akan membuat peredaran lancar para wisatawan yang mencoba aktivitas ini. Berbagai tempat di Indonesia dapat menyediakan salah satu jenis wisata kesehatan.

Bagi para pemula yang ingin mencoba wisata spa, terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan. Assisten Manager Spa Uluwatu di Intercontinental Bali Resort, Ni Kadek Yudani kepada KompasTravel memberikan beberapa tips untuk pemula ingin mencoba wisata spa. Berikut tips dari Ni Kadek Yudani untuk para wisatawan.

Pilih tempat spa yang tepat

Berbagai tempat menawarkan pilihan wisata spa untuk para wisatawan. Setiap penyedia mencantumkan kata spa pada papan informasi untuk wisatawan. Namun jangan sampai terkecoh karena tempat tersebut tak selalu menyediakan fasilitas-fasilitas yang lengkap.

Coba tanyakan pada penyedia jasa spa tentang kelengkapan fasilitas seperti jacuzzi, steam boat, sauna, dan shower bath. Jika tempat tersebut tidak memiliki fasilitas tersebut, Yudani mengatakan tempat itu bukanlah tempat spa yang tepat.

Lihat dan rasakan lingkungan tempat spa

Ketika mulai memasuki tempat spa, cobalah lihat dan rasakan tempat spa yang dipilih. Gunakan semua indera dari hidung, telinga, hingga mata. Di tempat spa, biasanya pengelola memberikan aromaterapi yang memiliki wangi yang menenangkan.

Cobalah untuk menghirup wangi dari aromaterapi tersebut. Selain itu, coba dengarkan musik yang diputar oleh pengelola. Yang terakhir, lihatlah pelayanan di awal pertama memasuki tempat spa. Semua hal tersebut, menurut Yudani, jika terasa nyaman maka pilihan tersebut adalah pilihan yang tepat.

Ambil waktu yang singkat

Beberapa penyedia jasa wisata spa seperti hotel memiliki paket-paket massage (pijat) dengan durasi yang berbeda. Terdapat berbagai pilihan waktu mulai dari 30 menit hingga 3 jam. Bagi wisatawan pemula yang belum pernah massage, disarankan untuk mencoba massage dengan durasi mulai 30 menit hingga 90 menit.

Menurut Yudani, badan perlu waktu untuk adaptasi karena rentan dengan tekanan pijatan dari terapis. Setelah merasa cocok dengan waktu yang dipilih, wisatawan dapat menambah waktu pijat.

Page:
PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM