Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Kedonganan, Lihat Aktivitas Nelayan Sampai Nikmati "Seafood"

Kompas.com - 16/11/2015, 11:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Pantai Jimbaran begitu tenar. Pantai yang berada di Pulau Bali ini mampu memesona wisatawan domestik hingga mancanegara.

Di pantai ini berjejer kafe-kafe seafood. Sajian makanan laut paduan lampu-lampu lilin menjadi tawaran yang menggiurkan bagi para wisatawan.

Namun, jika ingin mencari suasana serupa dengan pemandangan kehidupan para nelayan, cobalah untuk ke Pantai Kedonganan yang terletak tak jauh dari Pantai Jimbaran. Suasanannya relatif lebih sepi dengan harga-harga lebih mura.

Pantai Kedonganan terletak sekitar satu kilometer ke arah barat dari Jalan Raya Uluwatu. Belokan kemudi Anda melewati Jalan Pemelisan Agung dan susuri jalan yang mulus hingga terdengar suara ombak yang berdebur. Jika telah melihat jajaran kapal-kapal nelayan, maka itulah Pantai Kedonganan.

Pantai Kedongan secara geografis termasuk ke dalam wilayah Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sana, Anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang bersandar di putih pasir pantai seperti merajut jala, menimbang hasil tangkapan ikan, nelayan datang dan pergi ke laut, atau hanya sekedar duduk di tepi pantai.

Minggu (8/11/2015), KompasTravel bersama pemandu wisata dari hotel InterContinental Bali Resort, I Wayan Murdiasa (44) sempat mengunjungi Pantai Kedonganan pada pagi hari dengan bersepeda.

Ia mengatakan jika para nelayan di Pantai Kedonganan hampir rata-rata berasal dari Pulau Jawa seperti dari daerah Banyuwangi, Jember, Madura, dan Lombok. Mereka datang ke Bali untuk melaut dan menjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan Pedonganan.

"Mereka itu tinggal di Bali, pulang kampung setahun sekali pas Lebaran," kata Wayan.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Perahu-perahu nelayan bersandar di Pantai Kedonganan, Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (8/11/2015). Wisatawan dapat melihat aktivitas para nelayan di Pantai Kedonganan.
Warna-warni kapal nelayan di pinggir laut terparkir di atas putihnya pasir. KompasTravel mencoba untuk berjalan melihat aktivitas nelayan di Pantai Kedonganan. Bau asin dari ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan akan menjadi santapan hidung. Mereka terlihat bahu membahu untuk menarik perahu dari laut.

Wisatawan dapat bebas berjalan di atas pasir yang putih. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mendokumentasikan kegiatan para nelayan di Pantai Kedonganan. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak dipungut bayaran alias gratis.

Jika membawa kendaraan bermotor, cukup siapkan uang untuk biaya parkir kendaraan yakni Rp 1.000 untuk motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Di pinggir Pantai Kedonganan, terdapat area parkir yang tersedia untuk para wisatawan.

Wayan memberikan tips jika ingin melihat aktivitas para nelayan mulai melaut, datanglah pada pukul 15.00 WITA. Para nelayan akan mulai melaut dan pulang pada dini hari.

Nah jika Anda ingin menikmati santapan makanan laut, di pinggir Pantai Kedonganan juga terdapat beberapa restoran yang menyediakan sajian tersebut. Wisatawan dapat menikmati sajian makanan laut seperti udang, cumi, lobster, ikan kakap, tuna, dan aneka ikan-ikan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com