Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Menaiki Tokyo Skytree, Menara Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 18/11/2015, 17:54 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Ratusan wisatawan terlihat tertib antre di jalan masuk menuju elavator Tokyo Skytree. Para petugas dan pemandu dengan gesit dan ramah memberi informasi kepada para wisatawan yang ingin merasai pengalaman berada di ketinggian Tokyo Skytree, menara tertinggi di dunia.

Tokyo Skytree pada 17 November 2011 oleh Rekor Dunia Guinness ditetapkan sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.

Menara ini memiliki elevator yang dinamai TEMBO Shuttle. Sebagai elevator tercepat di Jepang yang mampu membawa 40 penumpang ke lantai 340 dalam waktu sekitar 50 detik. Elevator dapat mencapai kecepatan maksimum 600 meter per menit. Foto lengkap klik di sini.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pemandangan kota Tokyo dilihat dari TOKYO SKYTREE, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.
Tempat tertinggi yang dapat dicapai para wisatawan adalah titik Sorakara di area Tembo Galleria lantai 445 dan 450. Sorakara merupakan ruang berukuran 451,2 meter dengan dinding penuh cermin yang langsung mengundang sensasi seperti melayang mengitari kota Tokyo dari udara.

Struktur menara terdiri dari dua bagian yang dibangun secara independen, bagian luar dengan rangka baja dan tiang inti di bagian dalam. Tiang inti berfungsi untuk menstabilkan struktur utama untuk mengurangi goyangan pada waktu angin kencang dan gempa bumi. Pagoda lima tingkat, salah satu dari struktur tradisional Jepang, juga distabilkan dengan tiang inti (shinbashira). Mekanisme peredam ini dinamakan pengendali vibrasi shinchuseishin.

Kota di menara

Tokyo Skytree memiliki sebuah kota di dalam menara yang dinamai Tokyo Skytree Town yang dihubungkan dengan Stasiun Tokyo Skytree dan Stasiun Oshiage. Kompleks kota ini memiliki akuarium, planetarium, kompleks perkantoran dan kompleks perbelanjaan yang dibangun dengan gaya suasana Edo. Foto lengkap klik di sini.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Keramaian di area plaza Tokyo Skytree Town, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.

Tiket online

Di dekat loket masuk, dibagikan secara gratis brosur tentang panduan lantai dan informasi serta sejarah pembangunan menara. Bagi wisatawan asal Indonesia, jangan khawatir, sudah tersedia brosur berbahasa Indonesia.

Tiket masuk untuk dewasa 18 tahun ke atas sebesar 2.060 Yen Jepang, sedangkan untuk anak berusia 4-5 tahun harga tiket 620 Yen Jepang. Untuk waktu kunjungan yang ditentukan, wisatawan dapat membeli tiket secara online melalui website resmi Tokyo Skytree. Tiket online juga dianjurkan untuk wisatawan dalam rombongan 25 orang atau lebih, karena akan diberikan potongan harga.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Wisatawan antre membeli tiket masuk TOKYO SKYTREE, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.

Bagi para penyandang cacat diberikan harga tiket khusus yang jauh lebih murah yaitu untuk dewasa sebesar 1.030 Yen Jepang, dan untuk anak 4-5 tahun sebesar 310 Yen Jepang. Selain itu juga disediakan fasilitas khusus bagi mereka. Foto lengkap klik di sini.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pemandangan kota Tokyo dilihat dari layar interaktif di lantai 350 TOKYO SKYTREE, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pemandangan kota Tokyo dilihat dari TOKYO SKYTREE, Jepang, Sabtu (31/10/2015). TOKYO SKYTREE ditetapkan oleh Rekor Dunia Guinness sebagai menara tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian 634 meter dan berfungsi sebagai menara pemancar untuk siaran digital.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com