Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Bollywood, Cara Efektif Promosikan Indonesia ke India

Kompas.com - 20/11/2015, 18:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Promosi pariwisata lewat film Bollywood dipercaya dapat mendongkrak kunjungan turis India ke Indonesia. Menurut Public Relation & Marketing Manager Visit Indonesia Tourism Office India, Chandrani Chakrabourto, film-film Bollywood yang mengambil lokasi "shooting" di Indonesia bisa menjadi sarana promosi pariwisata Indonesia.

Ia mengungkapkan orang India gemar menonton dan mengikuti kebiasaan para aktor dan aktris dalam film tersebut.

“Pemerintah Indonesia bisa ambil cara dengan 'shooting' di Indonesia. Mungkin bisa bawa aktor dan aktris India,” katanya kepada KompasTravel di sela-sela acara “Familiarization Trip Media India 2015” di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/11/20015) malam.

Ia mencontohkan sebuah film Bollywood dengan latar lokasi Festival La Tomatina di Spanyol berjudul “Zindagi Na Milegi Dobara”. Film ini dibintangi oleh aktris tenar Bollywood, Katrina Kaif.

“Mereka suka mengikuti apapun yang dilakukan oleh aktor dan aktris India. Festival La Tomatina contohnya jadi adegan 'shooting'. Sekarang banyak turis India yang ke sana," jelasnya.

Menurut Chandrani, Indonesia bisa mengajak para sineas India untuk membuat film di Indonesia dan mengajak para artis terkenal India. Ia menyebutkan sederet artis India seperti Kareena Kapoor, Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, dan artis-artis Bollywood lainnya bisa diajak untuk ikut mempromosikan Indonesia lewat film yang akan dibintangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com