Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Air Kedewaan di Lampung Ini Bikin Awet Muda

Kompas.com - 23/11/2015, 10:12 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

LIWA, KOMPAS.com - Bosan dengan rutinitas harian, tidak ada salahnya mengunjungi Pekon Balak, Kecamatan Baru Brak, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Di sana Anda dapat menikmati keindahan alam areal persawahan dan perbukitan.

Yopi pecinta fotografi asal Lampung, Kamis (19/11/2015), mengatakan lokasi tersebut kerap didatangi fotografer, baik kelas nasional dan internasional.

"Keindahan alam ini sama sekali bukan buatan manusia," ujarnya.

Di sana kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit. Selain itu di lokasi itu juga terdapat tujuh sumber mata air yang memiliki kandungan kesehatan dan berkhasiat kesehatan.

Narsih (27), warga setempat menjelaskan banyak orang yang menyebutnya ini adalah sumber mata air kedewaan. Disebut sumber mata air kedewaan karena tepat di atas sumber mata air itu ada makam para raja dari Kerajaan Skala Brak.

"Tanaman padi yang teraliri tetap subur meskipun di musim kemarau," katanya.

Dan siapa pun yang mandi atau meminum air dari tujuh sumber air itu akan tetap awet muda.

Untuk sampai ke lokasi itu, pengunjung menginjak lebih dari seribu anak tangga. Muda, tua dan anak-anak warga sekitar tak ada yang luput mandi, minum dan mencuci di sumber tujuh mata air kedewaan itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com