Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ditiru, Kesalahan Penumpang Pesawat yang Bikin Jengkel

Kompas.com - 23/11/2015, 18:31 WIB
KOMPAS.com - Mulai dari tendangan di bagian belakang kursi sampai parfum menyengat penumpang sebelah, wisawatan di pesawat telah mengungkapkan kejengkelan terbesar mereka ketika berbagi kursi dengan penumpang lain.

Berikut kesalahan penumpang pesawat yang sering mengganggu penumpang lain, atau bahkan mungkin kita pernah melakukannya.

Para penumpang pesawat mengungkapkan bahwa perilaku yang paling menjengkelkan rekan penumpang selama penerbangan yaitu meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan, mendengarkan musik keras-keras, dan terlalu mabuk.

Dari 1.019 orang Amerika mengatakan, 61 persen setuju bahwa salah satu wisatawan paling menyebalkan adalah mereka yang senang menendang bagian belakang kursi.

Hal ini berdasarkan hasil Expedia’s 2015 Airplane Etiquette Study, yang juga menyoroti bahwa 16 persen orang yang ditanya mengatakan bahwa mereka menggunakan penerbangan juga sebagai sebuah kesempatan untuk bertemu dan berbicara dengan orang-orang baru.

Namun, 66 persen di sisi lain mengatakan mereka takut memikirkan duduk di samping penumpang cerewet dan 37 persen akan benar-benar membayar ekstra untuk duduk di zona tenang.

Terbagi secara merata, 50 persen orang mengatakan tidak ada yang mengganggu mereka lebih daripada orang yang naik pesawat dengan menggunakan parfum yang berlebihan atau malah kurang deodoran.

Kritik juga ditujukan pada orang tua yang lalai dengan 59 persen dari responden mengungkapkan bahwa penumpang yang paling menjengkelkan adalah ibu atau ayah yang tidak memperhatikan perilaku anak mereka.

Orang yang mendengarkan musik keras selama penerbangan, orang yang memesan terlalu banyak minuman beralkohol, dan orang yang berbicara selama perjalanan meski kita tengah terbangun ataupun tidak, semua dipandang menjengkelkan oleh rata-rata 46 persen dari responden.

Ketika ditanya bagaimana mereka akan menangani penumpang pesawat yang menjengkelkan, 49 persen mengatakan mereka akan duduk diam dan berusaha untuk mengabaikan mereka, 21 persen akan mengadapi mereka secara langsung dan 10 persen akan secara rahasia merekam aksi mereka.

Tetapi penumpang yang menjengkelkan harus berhati-hati dengan 3 persen yang mengaku bahwa mereka akan mensosialisasikan tindakan memalukan penumpang di internet. Tampaknya berpergian terkadang membawa keluar sifat kurang baik pada diri seseorang. (dailymail.co.uk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com