Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Beltim, Jangan Lupa Mampir ke Kantor Disbudpar

Kompas.com - 25/11/2015, 07:29 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

MANGGAR, KOMPAS.com - Berwisata ternyata tak harus ke tempat hiburan, di Belitung Timur (Beltim), kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbubpar) bisa jadi tempat wisata. Kantornya berada di Jalan Raya Gantung, Manggar, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Dari pintu masuk, aneka poster kegiatan Belitung Timur terpampang. Ragam patung yang jadi daya tarik Belitung Timur juga turut memandu. Lalu mata akan disambut tulisan Kantor Disbudpar yang dicat warna-warni, seperti warna pelangi.

Pemandangan di dalam ternyata jauh dari kata "resmi". Orang-orang berseragam PNS lalu lalang melewati aneka koleksi jenis kopi, pajangan topi jerami, kandang buaya, hingga kandang tarsius.

KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Sketsa upacara adat pernikahan masyarakat Belitung dalam Ruang Budaya, Kantor Disbudpar Belitung Timur, di Manggar, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengunjung dapat berfoto di sini dan berpura-pura menjadi pengantin.
Pengunjung dapat melihat aneka ragam kopi kesukaan orang Belitung di sudut Museum Kopi Mini. Atau bertemu dengan buaya muara, salah satu buaya terbuas di Belitung. Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat proses pemberian makan buaya ini.

"Kalau kasih makan suka kita angkat sedikit, nanti dia (buaya) bisa lompat mengambilnya," ujar salah satu Staf Disbudpar, Peranciscus Aryanto Marbun di Kantor Disbudpar, Senin (23/11/2015).

Lalu ada juga ruang budaya, berisi ragam alat kesenian tradisional Belitung dari bubu, rotan Beripat, hingga sketsa upacara pernikahan adat Belitung.

KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Kandang tarsius Belitung menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke Kantor Disbudpar Belitung Timur, di Manggar, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Bubu adalah perangkap ikan tradisional masyarakat Belitung. Sementara Beripat adalah adat berupa saling pukul antar dua orang Belitung menggunakan tongkat.

Pengunjung juga dapat menikmati aneka foto Belitung masa lalu dan proses penambangan timah masa tradisional. Semua hal ini dapat dinikmati gratis. Jika butuh informasi, tak perlu ragu bertanya pada staf yang lewat, mereka akan siap memandu berkeliling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com