Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Travel Fair 2015 Fokus pada Pariwisata Domestik

Kompas.com - 26/11/2015, 16:37 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Travel Fair 2015 kali ini akan fokus di pariwisata domestik. Pada penyelenggaraan sebelumnya pengunjung masih dapat menemukan paket-paket wisata menuju mancanegara.

"Indonesia Travel Fair ini kita persembahkan untuk wisata-wisata domestik. Kita kali ini mau coba fokuskan di domestik," Chief Executive Officer RajaMICE, Panca R. Sarungu saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Rabu (25/11/2015) malam.

Ia menyebutkan jika pada gelaran Indonesia Travel Fair 2015 kali ini, hampir 100 persen destinasi atau obyek wisata dan juga paket-paket wisata yang ditawarkan adalah domestik.

"Kalau dulu pas namanya ITHF, prosentasenya kita 70 mancanegara, dan 30 persen domestik," jelasnya.

Panca memandang jika acara-acara pameran pariwisata di Jakarta Convention Center masih dominan menjual pariwisata mancanegara dibanding domestik. Nah, karena itu pula, ia mencoba untuk mendedikasikan pameran kali ini untuk destinasi domestik saja.

BARRY KUSUMA Warga Kampung Tololela di Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.
"Jadi yang uniknya ya kita jual-jual paket wisata domestik. Ada juga 25 stan dinas pariwisata dari seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan para wisatawan yang datang ke acara Indonesia Travel Fair dapat menemukan ide-ide untuk berlibur di Indonesia. Pasalnya, menurut Panca, terdapat berbagai pengisi stan seperti maskapai penerbangan, agen perjalanan, hotel, tamah hiburan, hingga dinas pariwisata daerah.

"Ada 150 total pengisi stan di Indonesia Travel Fair. 20 diantaranya agen perjalanan," ungkap dia.

Adapun beberapa agen perjalanan yang akan mengisi stan yakni Antavaya Tour & Travel, TX Travel, Sila Tours, dan juga Jatra Tour. Untuk maskapai penerbangan yang mengikuti pameran pariwisata ini seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Xpress Air.

Pada Indonesia Travel Fair 2015, lanjut Panca, wisatawan juga dapat menemukan stan taman hiburan seperti Go Wet, Snow Bay, hingga Waterboom. Wisatawan dapat langsung membeli tiket masuk taman hiburan pada gelaran acara pariwisata tersebut.

Sementara obyek-obyek wisata yang dapat ditemukan di pameran ITF 2015 adalah Pulau Seribu, Komodo, Takabonerate, Ternate - Tidore, Derawan, Belitung, Pantai Ora, Pulau Pahawang, Sumba, Padang, Lombok, Bali, Baduy Dalam, Lampung, Pangandaran, Wakatobi, Jogja, Raja Ampat, Tanjung Puting, Pulau Weh, Banyuwangi, Lembang, Dieng, Gorontalo, Bromo, Toraja, Flores, Lombok.

KOMPAS/DWI BAYU RADIUS Beberapa wisatawan melewati permukiman di sela-sela perjalanan mengunjungi suku Baduy Dalam di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, akhir November 2014. Baduy Dalam sejak dulu memegang teguh adat, termasuk kearifan lokal yang tak lekang melewati zaman. Perjalanan itu membutuhkan kebugaran fisik karena wisatawan harus melewati sejumlah lembah dan bukit.
Indonesia Travel Fair (ITF) adalah re-brand dari Indonesia Travel & Holiday Fair (ITHF) yang telah dilaksanakan sebanyak 14 kali. Pada tahun ini, Indonesia Travel Fair telah diselenggarakan pada bulan April di tempat yang sama yaitu JCC.

Pameran ITF 2015 mulai dibuka pada pukul 10.00 - 21.00 WIB di Jakarta Convention Center. Bagi para pengunjung yang ingin datang, tidak dikenakan biaya masuk ke pameran wisata ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com