Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pitana: Pemerintah Keluarkan 17.500 Sertifikat Standar ASEAN

Kompas.com - 28/11/2015, 11:40 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BULELENG, KOMPAS.com - Indonesia telah memiliki tenaga kerja yang telah tersertifikasi melalui program pemerintah berjumlah 21.500 sertifikat. Jumlah tenaga kerja yang wajib disertifikasi dari enam divisi yang dipertukarkan di ASEAN berjumlah 125.000.

"Untuk tahun 2015, pemerintah akan mengeluarkan sekitar 17.500 sertifikat standar ASEAN," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana saat berkunjung ke Kabupaten Buleleng, Bali, Jumat (27/11/2015).

Pemerintah gencar melakukan sertifikasi standar ASEAN sesuai dengan MRA (Mutual Recognition Arrangement), yaitu kesepakatan pengakuan atas produk atau tenaga kerja yang memegang sertifikat standar ASEAN.

"Jadi per 1 Januari 2016, pekerja yang memegang sertifikasi standar ASEAN bisa bekerja di Malaysia atau Singapura dan di negara ASEAN lainnya, sesuai divisi yang kita keluarkan sertifikasi," kata Pitana.

Divisi tersebut di antaranya Food and Beverage, Restaurant, Travel Agency, Tour Leader, Housekeeping. Jumlah 17.500 sertifikat yang dikeluarkan pemerintah pada tahun ini, belum termasuk sertifikasi yang dikeluarkan oleh masing-masing industri.

Pitana menambahkan, industri yang mampu mengeluarkan sertifikasi dengan minimal standar ASEAN adalah kelompok atau grup-grup hotel yang memiliki standar internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com