Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Berkah di Kuil Cantik Kiyomizudera

Kompas.com - 01/12/2015, 17:20 WIB
KYOTO, KOMPAS.com - Katanya, bulan Oktober dan Desember adalah saat yang tepat untuk jalan-jalan ke Jepang. Pada saat musim gugur ini, terutama di daerah pegunungan Kyoto, daun-daun pohon momoji berubah menjadi warna-warni. Cantik.

"Daun pohon Momiji di Kyoto saat musim gugur  itu memang paling indah dan sayang sekali untuk dilewatkan," begitu kata Tegar Rahardian (31), seorang traveller Indonesia yang sudah tujuh kali berkunjung ke negeri Sakura ini.

Tentu saja, saya sebagai orang yang baru pertama kali ke Kyoto, juga Jepang, he-he-he... tertarik untuk membuktikan kata-kata Tegar ini.

Hal yang pertama saya lakukan setibanya di Kyoto adalah membeli tiket bus all day pass seharga 500 yen, atau Rp 57.000 (kurs 1 yen = Rp 114).

Perjalanan saya pun dimulai. Dengan tiket itu, saya mulai menjelajah Kyoto nan indah. Bersyukur, Tegar yang baru jalan-jalan dari Eropa, mau menemani saya.

Pada siang hari, matahari tidak terlalu panas. Cuacanya malah cenderung dingin. Kata Tegar, waktu ini sangat tepat untuk para penikmat keindahan alam untuk berjalan-jalan di daerah pegunungan Kyoto, district Higayashima.

Menurut Tegar lagi, tempat terbaik untuk melihat dedaunan pohon momoji yang cantik yaitu dari kuil-kuil di Kyoto, seperti Kinkaku-ji, Kiuomizudera, Eikan-hall, Koudai, Arashiyama, Kitano dan Shigmoyo.

Diberi pilihan itu, saya sempat bingung. Namun, akhirnya saya memilih Kuil Kiyomizudera. Kuil ini terletak di Kiyomizu 1-chome, Higashiyama Ward.

Syukurnya, saya menginap di hotel ryokan (rumah tradisional Jepang) di distrik Higashiyama. Hotel yang saya tempati letaknya tidak terlalu jauh dengan kuil tersebut, sekitar 1 Kilometer. Kalau jalan kaki, ya... sekitar 15 menit-lah.

Kalau dari Stasiun JR Kyoto, bisa juga naik bus bernomor 206 dan berhenti di halte Kiyomizu-michi atau Gojo-zaka. Dari situ, jalan kaki melintasi Ninen-zaka dan Sannen-zaka.

Berjalan kaki di daerah ini sungguh menyenangkan. Selain cuaca yang sejuk, pemandangannya, ya pohon-pohon dengan dedaunan yang warna-warni itu. Selain itu, kuil-kuil kecil yang terbuat dari bambu menambah indah pemandangan.

Setibanya di kaki kuil, pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk seharga 300 yen, atau sekitar Rp 34.200. Kuil ini dibuka dari pukul 06.00 hingga 18.00.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com