Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Gelontorkan Rp 100 Miliar untuk Promosi MICE

Kompas.com - 02/12/2015, 08:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk promosi industri MICE (meeting, incentive, convention, event) di dalam negeri. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty saat jumpa pers di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Selasa (1/12/2015).

"Kalau untuk mancanegara dibagi per wilayah. (Tahun 2016) anggarannya 100 miliar untuk nusantara dan sifatnya selling," kata Esthy kepada KompasTravel.

Ia mengatakan penggunaan anggaran tersebut akan digunakan untuk memfasilitisi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan MICE. Esthy mengatakan penggunaan anggaran tersebut seperti untuk industri bussiness to bussiness (B2B) dan pelaku insentif.

"Anggaran (keseluruhan pemasaran pariwisata nusantara) sendiri hampir satu triliun (pada tahun 2016)," jelasnya.

Esthy menambahkan jika pemasaran wisata MICE saat ini lebih ke arah bisnis pemerintah. Bidang tersebut berada di bawah wilayah kerja Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Tazbir.

Sebelumnya diberitakan, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana menyampaikan bahwa dana promosi luar negeri pada tahun 2016 mencapai Rp 2,95 triliun.

"Anggaran tahun depan akan mengalami kenaikan yang tinggi mencapai Rp 2,95 triliun. Setengah dari anggaran tersebut akan dialokasikan ke upaya branding pariwisata Indonesia," ujar Pitana di Buleleng, Bali, Jumat (27/11/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com