Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Pariwisata NTB Terus Meningkat

Kompas.com - 11/12/2015, 18:25 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin mengatakan tren pariwisata di daerah itu setiap tahun menunjukkan peningkatan.

"Dalam lima tahun terakhir pariwisata kita mengalami peningkatan setiap tahunnya, terbukti dari tingginya angka kunjungan wisatawan," kata Muhammad Amin di Mataram, Kamis (10/12/2015).

Ia menjelaskan, peningkatan sektor pariwisata daerah itu tidak terlepas dari kebijakan pembangunan yang kini diterapkan pemerintah provinsi, yakni menempatkan sektor pariwisata sebagai sektor prioritas bersama dengan sektor pertanian.

Menurutnya, ada beberapa alasan pariwisata di daerah itu, menunjukkan peningkatan sebagai potensi ekonomi unggulan, di antaranya daya tarik obyek wisata NTB yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner dan lain sebagainya.

Hal lain yang juga ikut mendongkrak pariwisata NTB, lanjut wagub, adalah ketersediaan sarana prasarana penunjang yang makin baik di destinasi wisata.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Warga sekitar kaki Gunung Tambora dan beberapa pengunjung dari sejumlah kota berdatangan ke Lapangan Doro Ncanga, Dompu, Nusa Tenggara Barat, tempat pemusatan Peringatan 200 Tahun Gunung Tambora Menyapa Dunia yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (11/4/2015). Dua abad letusan Tambora patut dijadikan momentum dalam menyikapi perubahan alam.
Terutama, dari infrastruktur transportasi, energi, telekomunikasi maupun air bersih terus dibenahi ke dan dari lokasi obyek wisata.

"Bahkan dalam beberapa tahun ini, pemerintah provinsi memfasilitasi penataan kualitas lingkungan di dalam kawasan wisata unggulan," katanya.

Wagub NTB memaparkan, berdasarkan data kunjungan wisatawan yang datang ke NTB pada lima tahun terakhir 2010 sampai 2014 menunjukkan peningkatan di setiap tahunnya.

Pada tahun 2012 wisatawan yang berkunjung ke NTB mencapai hanya 1,1 juta orang, tahun 2013 bertambah menjadi 1,3 juta orang, dan pada tahun 2014 mencapai 1,6 juta wisatawan. "Insya Allah ini akan meningkat sesuai harapan," ujarnya.

Lebih lanjut, M Amin mengatakan di tahun 2015 ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata telah menetapkan NTB sebagai daerah pengembangan wisata syariah atau wisata halal selain Provinsi Sumatera Barat dan Aceh.

"Ini tentu semakin membuka peluang pengembangan pariwisata NTB karena tampil dengan brand yang lebih kompetitif," ucapnya.

Terlebih lagi, dengan konsep wisata halal yang saat ini sedang diminati di dunia, bukan saja oleh wisatawan dari Timur Tengah melainkan juga wisatawan Eropa maupun Amerika.

TRIBUN / HERUDIN Parade Budaya Lombok Sumabawa 2013 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2013). Parade budaya yang diikuti kabupaten-kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu promosi wisata untuk mengajak wisatawan mengunjungi NTB.
Karena itu, Wagub NTB berharap dari produk pariwisata tersebut, bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk memilih, sehingga akan memberikan lebih banyak lagi peluang bagi daerah untuk dikunjungi wisatawan terutama asing.

"Setelah Lombok mendapatkan World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination pada World Halal Travel Summit and Exhibition 2015 di Abu Dhabi, 19-21 Oktober 2015 pariwisata NTB semakin maju," tambah M Amin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com