Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencoba Wisata Minat Khusus? Ketahui Batas Kemampuan...

Kompas.com - 14/12/2015, 13:40 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki obyek-obyek wisata minat khusus yang bisa menantang adrenalin. Namun tak jarang, untuk dapat mencoba obyek-obyek wisata tersebut memiliki risiko yang akan dihadapi. Lalu, bagaimana tips utama untuk tetap aman saat mencoba wisata minat khusus?

"Tipsnya dalam mencoba wisata minat khusus ketahui batas kemampuan kita (wisatawan)," kata salah satu narasumber "Nangkring" Indonesia Juara Pariwisata, Cahyo Alkantana di acara Kompasianival 2015 di Gandaria City, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Ia mengatakan jika bermain ke tempat-tempat yang menyediakan atraksi wisata minat khusus seperti gunung, ketahuilah kemampuan yang dimiliki sebelum mendaki.

Cahyo menyebutkan hindari hal-hal yang cenderung memaksakan keinginan hanya karena ingin mendapatkan dokumentasi yang menarik.

"Jangan hanya ingin dapat foto bagus untuk dipamerin ke orang-orang tapi coba untuk melewati kemampuan batas," jelasnya.

Jika melakukan wisata minat khusus tapi tidak mengetahui batas kemampuan, lanjut Cahyo, biasanya hal-hal ini menyebabkan kecelakaan.

"Mengetahui batas kemampuan diri adalah senjata utama saya dalam bergiat di alam bebas," tutupnya.

Kompasianival adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kompasiana. Di acara yang bertema "Indonesia Juara" ini, terdapat beberapa acara yang diisi oleh komunitas Kompasiana, stan makanan, dan juga acara-acara talkshow lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com