Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Obyek Wisata "Anti-Mainstream" di Bogor

Kompas.com - 19/12/2015, 17:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Jika memiliki rencana berlibur ke luar kota di akhir pekan, Bogor bisa menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi enam obyek wisata "anti-mainstream" dari pengalaman KompasTravel saat Media Trip Ezytravel.co.id bertajuk "Jalan-Jalan Bogor Seru" pada 15-16 Desember 2015.
 
 
Di wihara ini terdapat patung "Sleeping Buddha" berukuran sepanjang 18 meter dan setinggi 5 meter.

Hal yang bisa dilakukan di wihara ini adalah berfoto dan belajar tentang seluk beluk wihara. Wihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat beralamat di Kampung Jati RT002/06 Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 
KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Jejeran rumah penyimpanan padi di obyek wisata Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Rabu (16/12/2015). Kampung Sindang Barang adalah salah satu obyek wisata yang dikunjungi pada acara Media Trip Ezytravel.co.id "Jalan-Jalan Bogor Seru" 15-16 Desember 2015.
Kampung Budaya Sindang Barang
 
Kampung Budaya Sindang Barang adalah tempat yang menawarkan pengalaman budaya, yaitu mengenal perkampungan Sunda bersejarah di Jawa Barat.

Di sana, wisatawan dapat melihat rumah tinggal untuk ketua adat yang disebut Imah Gede, rumah penyimpanan padi atau Leuit, penginapan tamu terhormat atau Bale Pensanggrahan. 

 
Wisatawan bisa mendapatkan penjelasan sejarah dan budaya Sunda. Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor dan bejarak sekitar 5 kilometer.

Gong Factory

Obyek wisata lain yang dapat dikunjungi ketika di Bogor adalah Gong Factory. Tempat pembuatan gong yang telah berusia ratusan tahun itu kini telah mencapai generasi ke-7.

Di sana, wisatawan dapat melihat proses pembuatan gong dari mulai pemanasan bahan gong, pembentukan gong, pengecatan rak, dan pemolesan gong. Tempat ini terletak di Kampung Pancasan, tepatnya di Jalan Pancasan RT 2 RW 2, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Sanggar Wayang Tumaritis

Di seberang Sungai Ciliwung tepatnya di Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Bogor Tengah ada satu tempat yang menarik dikunjungi. Tempat itu adalah Sanggar Wayang Tumaritis.

Sanggar milik Dase A. S merupakan sanggar pengrajin wayang golek tertua di Bogor yang telah ada sejak 50 tahun lalu. Di sana, wisatawan dapat membeli oleh-oleh wayang juga melihat-lihat jenis wayang yang diproduksi.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berada di depan kompleks pemakaman Belanda yang ada di dalam Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/12/2015). Makam Belanda di Kebun Raya Bogor adalah salah satu obyek wisata yang dikunjungi pada acara Media Trip Ezytravel.co.id "Jalan-Jalan Bogor Seru" 15-16 Desember 2015.
Titik Nol Kilometer Bogor

Tugu kecil yang menandai titik nol kilometer Bogor berada tepat di depan Balai Kota Bogor dan di sebelah Hotel Salak. Tugu tersebut berukuran sekitar satu meter dan terletak di sebelah pompa hidran berwarna merah.

Di tugu itu tertulis "BGR 0", "JTN 47", dan "JKT 59". Sambil melewati, cobalah untuk berhenti sejenak untuk mengambil foto titik nol kilometer Kota Bogor ini.

Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Area pemakaman Belanda tua ini terletak di dekat Gedung LIPI dan berada di dalam komplek Kebun Raya Bogor. Di sana merupakan tempat pemakaman keluarga dekat Gubernur Jenderal Hindia Belanda misalnya D.J. de Eerens, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang menjabat tahun 1836-1840.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com