Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Serangga ala Nagano, Berani Coba?

Kompas.com - 21/12/2015, 10:03 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Percaya atau tidak, banyak warga Jepang dari Prefektur Nagano ternyata makan es serangga, baik es belalang, es ulat, maupun es kelabang.

Namun menurut sumber Tribunnews.com yang seorang warga Nagano, mengatakan karena dulu mereka banyak yang sangat miskin, sejak lama memang sempat makan serangga agar bisa bertahan hidup.

Namun menu makanan ini mulai jadi sorotan sejak tahun 2010 dan semakin banyak yang menggunakan Twitter kini semakin tersebar gambar di Twitter komunitas orang Jepang.

Harga satu es krim 400 yen. Bisa pakai es melon, es vanila dan sebagainya. Jika satu set bertiga, es kirim belalang, plus es kirim ulat, plus es krim kelabang, dijual dengan harga 1.000 yen.

Bagi warga setempat yang sering mencicipi, menu ini dianggap baik untuk menjaga kesehatan terutama es krim belalang yaitu es krim dengan belalang yang masih kecil.

Belalang itu digoreng kering dan dibumbui lalu ditusuk ke body soft-cream (es krim). Rasanya agak manis terasa seperti mentega (butter).

Itulah yang menarik dari perfektur Nagano yang saat musim dingin bisa mencapai nol derajat karena di daerah pegunungan. Nagano juga bekas tempat Olimpiade musim dingin dunia ke-18 tanggal 7 hingga 22 Februari 1998. (Tribunnews.com/Richard Susilo dari Tokyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com