Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru Bersama Bekantan, Hanya untuk Jiwa Petualang

Kompas.com - 21/12/2015, 11:03 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Mau tahu bagaimana rasanya bermalam tahun baru di sebuah pulau yang tak dihuni manusia dan hanya ada hewan liar seperti bekantan?

Mungkin sensasi ini wajib dicoba bagi Anda yang sudah jenuh berlibur di tempat-tempat yang biasa digunakan untuk berlibur seperti hotel, vila, atau wahana permainan.

Bekantan Ecotour membuka kesempatan itu, yaitu bermalam tahun baru di Pulau Bakut yang merupakan pulau tempat tinggal hewan jenis primata tersebut.

Pulau Bakut yang terletak di Kabupaten Baritokuala, Kalimantan Selatan, ini memang tak seindah pulau-pulau lainnya yang dikelilingi pantai nan cantik yang memiliki pemandangan dan alam bawah laut yang menawan.

Pulau ini kecil saja, dipenuhi hutan rimba dan rawa yang becek serta nyamuk. Jangan pernah berharap di sini bakal ada pemandangan alam yang indah karena di sekeliling pulau ini adalah Sungai Barito yang kerap dilalui tongkang-tongkang batu bara.

Di atasnya melintas Jembatan Barito yang terkenal itu. Di sinilah kampung halaman para bekantan, monyet berbulu coklat berhidung mancung warna merah itu tinggal.

Mereka kerap bergelantungan dan melompat-lompat di pepohonan tersebut atau bahkan memakan buahnya.

Jika cuaca sedang cerah, mereka biasanya menampakkan diri sehingga pelancong bisa dengan bebas melihat kehidupan liar mereka.

Namun jika cuaca sedang gerimis atau hujan lebat, mereka biasanya bersembunyi di balik pepohonan itu.

Tiap hari ada saja turis yang tertarik berkunjung ke pulau ini. Entah sekadar melihat aktivitas para bekantan ini ataupun memfoto mereka.

Tak jarang, banyak pula kalangan pecinta alam liar yang memilih bermalam di sana agar bisa lebih akrab dengan alam dan bisa dengan puas berinteraksi dengan para bekantan itu.

menyusuri
Menyusuri Sungai Barito. (Banjarmasin Post/Yayu)

Bekantan Ecotour membidik peluang wisata ini. Khusus untuk malam pergantian tahun nanti, mereka membuka kesempatan ini bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman merayakan malam tahun baru yang berbeda.

"Kami buka trip ini hanya untuk 31 Desember 2015. Menginap di sana semalam, pulangnya 1 Januari 2016," terang pengelola Bekantan Ecotour, Donny Sophandi.

Wisatawan bakal menginap di pondok dan perkemahan yang disediakan. "Untuk berkemah, ada tanahnya yang kering sehingga bisa untuk mendirikan tenda," jelasnya.

Perjalanan menuju Pulau Bakut dimulai dengan menggunakan kelotok atau perahu mesin dari bawah Jembatan Barito.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com