Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Traveling" Tidak Perlu Kaya, Benarkah?

Kompas.com - 22/12/2015, 14:05 WIB
Ersianty Peginusa Wardhani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda selalu berpikir travellng hanya untuk orang kaya, penulis perjalanan Claudia Kaunang membantah hal itu.

Seperti yang ditemui pada peluncuran buku keduanya yang berjudul "Travelling is Possible" pada Sabtu (19/12/2015), ia membagikan beberapa tips untuk bisa travelling tanpa biaya yang besar.

Kesehatan

Modal yang paling penting dalam traveling adalah kesehatan. Tidak ada yang penting selain kesehatan. Seberapa besar uang dan niat, tetapi kesehatan menurun di hari sebelum Anda berangkat ke daerah tujuan, traveling sedekat apa pun tidak akan terlaksana.

Seperti yang ditulis dalam buku Claudia Kaunang, “Uang dan waktu bisa dicari, tapi kesehatan tetap harus dipertahankan.”

Gaya Hidup, Prioritas, dan Cara Menabung

Hal yang menentukan Anda bisa traveling bukanlah gaji yang besar, uang yang banyak, tetapi bagaimana Anda fokus kepada satu hal yang ingin dicapai, misalnya ingin traveling ke Eropa.

Jangan iri bila teman di sekeliling Anda suka gonta-ganti gadget, mungkin tujuan hidup mereka tidak sama seperti Anda. Tetaplah fokus menabung walaupun nominalnya kecil, yang penting ada niat dan konsentrasi untuk mewujudkan traveling impian Anda.

Kompas.com/Ersianty Peginusa Wardhani Peluncuran buku Claudia Kaunang yang berjudul Travelling is Possible! diresmikan di Gramedia Matraman, Jakarta, Sabtu. (19/12/2015).
Jalan-jalan Sesuai Kemampuan

Mimpi Anda memang tinggi, namun jangan lupa untuk tidak memaksakan diri. Pesanlah tiket, penginapan, membeli makanan, dan berbelanja sesuai kemampuan budget.

Tetaplah memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan. Jangan lupa, atur pengeluaran jalan-jalan yang setara dengan pendapatan Anda.

Jangan Sombong

Kunci terakhir yang harus ada dalam jiwa traveler adalah, “Jangan iri bila belum bepergian jauh, jangan sombong bila sudah bepergian jauh”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com