Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Ini "Traveling" ke Eropa dengan Kursi Roda

Kompas.com - 26/12/2015, 13:02 WIB
Ersianty Peginusa Wardhani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Awalnya, Christie Damayanti merupakan seorang arsitek yang terkenal sebagai sosok pekerja keras. Namun, sejak 2010, Christie Damayanti mengalami stroke hingga membuatnya harus menggunakan kursi roda.

Namun hal itu tak lantas menyurutkan semangatnya dalam melakukan berbagai kegiatan, termasuk traveling.

Dalam peluncuran dua bukunya yang berjudul "5 Hari Bahagia di Belanda dan Belgia" dan "Cinta yang Tertinggal di Swiss dan Liechtenstein" pada Minggu (20/12/2015), ia menceritakan pengalamannya melakukan perjalanan keliling berbagai negara dalam kursi roda. Ia pun berbagi tips seputar traveling dengan keterbatasan fisik.


bb671e1

Punya Motivasi Tinggi untuk Traveling

Menurut Christie, traveling bukan hanya berbicara tentang kesenangan. Tetapi juga mempunyai tujuan untuk siapa kita melakukan traveling.

Seperti pengalaman Christie, ia yang memiliki tubuh kurang sempurna, namun bertekad traveling keliling Eropa dengan tujuan ingin membahagiakan kedua anaknya serta mewujudkan mimpi anak-anaknya yang ingin ke Eropa.

Tetap Membutuhkan Orang Lain

Di setiap traveling, Anda tetap membutuhkan pertolongan orang lain, meski susah ataupun mudah. Seperti Christie, selama traveling, ia selalu dibantu kedua anaknya. Entah merapihkan pakaian di koper atau kegiatan lainnya.

Menulis Merupakan Obat Terapi

Selagi Anda masih bisa berbicara, Anda berarti bisa menulis. Bukan hanya penulis terkenal yang pandai merangkai kata, namun semua orang pun bisa.

Banyak yang mengeluhkan soal waktu kapan bisa menulis, tetapi janganlah hal itu menjadi sebuah alasan. Menurut Christie, jadikanlah menulis bagian dari hobi, maka waktu akan selalu ada untuk hobi tersebut.

Christie mengaku, bila membuat buku bukanlah tujuan utamanya. Namun, menyembuhkan penyakitnya adalah tujuan utama dari seringnya ia menulis.

Kompas.com/Ersianty Peginusa Wardhani Launching Buku Christie Damayanti yang ditemani oleh Iskandar Zulkarnaen (Pengelola Kompasiana) dan Dennis (Anak Pertama Christie), Minggu (20/12/2015) di Kalibata Cuty Square.
Menambah Wawasan

Bila Anda ingin memiliki wawasan yang luas, hendaklah traveling. Selain menyegarkan pikiran, traveling juga bisa menambah ilmu pengetahuan seseorang.

Hal itu karena seringnya bertemu dengan orang asing dan juga ikut merasakan kerasnya hidup di negara orang. Christie menuturkan hal tersebut membuatnya kalau Indonesia itu ternyata lebih baik daripada negara lainnya.

Dijalankan dengan Hati yang Tulus

Christie berpesan apa pun pekerjaan Anda, kerjakan dengan hati yang tulus untuk menumbuhkan semangat kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Meskipun tidak sempurna, bergunalah bagi orang lain di sekeliling Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com