Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garunggang Sampai Cikarae, Wisata Goa di Karst Klapanunggal

Kompas.com - 29/12/2015, 16:16 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kawasan karst Klapanunggal di Kabupaten Bogor, Jawa Barat punya potensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata. Pasalnya, di kawasan ini banyak terdapat goa yang dipenuhi ornamen-ornamen dan biota goa yang dapat dilihat.

"Untuk potensi wisata di kawasan karst Klapanunggal sebenernya ada banyak contohnya Gua Garunggang sudah dibuka untuk pariwisata," kata seorang penggiat goa di Tajur yang tergabung dalam KPA Linggih Alam, Suhandi Rahayu kepada KompasTravel di Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

Laki-laki yang akrab disapa Bandot ini mengatakan jumlah goa di kawasan karst Klapanunggal yang telah terdata dan dipetakan oleh KPA Linggih Alam berjumlah 50 buah dengan dominasi bentuk jalur lintasan berupa vertikal.

Goa Garunggang menurut dia adalah salah satu yang paling siap untuk dikunjungi oleh wisatawan.

"Kalau di Goa Garunggang bagus karena bentukan formasi batuan karstnya di luar. Di sana sudah ada fasilitas seperti MCK dan mushola yang dibangun swadaya opeh penduduk setempat. Kalau yang lain belum ada," jelas dia.

Goa lain yang dapat dikunjungi oleh wisatawan pemula, menurut Suhandi adalah Goa Cikarae. Ia mengatakan jika goa tersebut aman untuk dikunjungi untuk wisatawan pemula.

"Goa Cikarae itu aman buat wisatawan awam. Lorong goanya nggak sempit. Langit goanya tinggi. Jadi nggak sulit ditelusuri," ungkap Bandot.

Selama ia bergiat di kawasan karst Klapanunggal bersama KPA Linggih Alam, ia mengatakan pengunjung goa hanya dari kelompok yang memiliki minat di bidang speologi seperti kelompok pencinta alam dan peneliti.

Berdasarkan catatan KPA Linggih Alam, Bandot menyebutkan pengunjung yang bergiat di kawasan karst Klapanunggal berasal dari Jakarta, Bogor, dan Depok.

"Rata-rata anak pencinta alam," jelasnya.

Pemilik lahan sekaligus juru kunci Goa Cikarae, Muslih juga menyatakan jika goa-goa di Klapanunggal punya daya tarik wisata tersendiri. Bahkan, ia mengatakan Goa Cikarae telah banyak dikunjungi penggiat goa sejak tahun 1980-an.

"Yang paling banyak dimasuki orang itu Goa Cidomba, Cikarae, Cikenceng, dan Keraton. Kalau mau dikembangkan jadi kawasan wisata saya tidak masalah," jelas Muslih.

Kawasan karst Klapanunggal berada tak jauh dari ibukota yakni di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Goa-goa di Klapanunggal juga berdampingan dengan industri semen lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com