Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Langsung, Kunci Keberhasilan Pariwisata Thailand

Kompas.com - 01/01/2016, 12:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia harus berkaca dengan Thailand dalam pengembangan sektor pariwisata. Pasalnya pada tahun 2015, Thailand berhasil mencapai angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga 30 juta wisman diantaranya 8 juta wisatawan asal China.

"Turis China ke Thailand, sejak 2012 lebih cepat berkembang yakni 2,7 juta, 2014 sebanyak 4,6 juta, tahun 2015 menjadi 8 juta," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam paparan Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Ia mengatakan faktor penerbangan langsung menjadi salah satu kunci keberhasilan Thailand mendatangkan wisman China.

Arief mengatakan terdapat sebanyak 25 kali penerbangan langsung dari China ke Thailand, sedangkan dari China ke Indonesia hanya 9 kali. "Ke Indonesia, Bali lima kali penerbangan, Jakarta 4 kali. Ya pasti (Indonesia) kalah," paparnya.

Arief pun menyebutkan banyaknya kantor perwakilan promosi pariwisata Thailand juga turut berkontribusi dalam besarnya kunjungan wisman. Thailand hingga saat ini telah memiliki lima kantor perwakilan yang dikenal dengan sebagai Tourism Authority of Thailand untuk memudahkan promosi pariwisata.

KOMPAS/INGKI RINALDI Sejumlah perahu siap mengantarkan wisatawan melintasi Sungai Chao Phraya di Bangkok, Thailand, awal Mei lalu, guna mengunjungi Candi Wat Arun yang tampak dari kejauhan.
Selain itu, dari presentasi yang dipaparkan oleh Arief Yahya, Thailand melakukan promosi pariwisata dengan cara membuat film Holywood: Lost in Thailand Part II yang akan tayang pada tahun 2016, mengundang bintang film Hongkong, Michelle Yim Wai-ling dan Simon Yam Tat-wah untuk menarik wisman asal Hongkong, juga mengundang pemain tenis dunia, Rafael Nadal dan Novak Djokovic.

Thailand juga membuka bandara internasional baru untuk mengantisipasi penumpukan wisatawan di Bandara Suvarnabhumi dan Don Muang. Bandara tersebut adalah U-Tapao.

"Thailand juga memprogramkan pada tahun 2016 sebagai sport tourism destination," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com