Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencegah Flu Saat Naik Pesawat

Kompas.com - 06/01/2016, 14:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Kadang kala setelah berwisata, Anda mungkin akan merasa sakit atau tidak enak badan. Biasanya penyebab sakit adalah karena makanan dan minuman atau bahkan karena naik pesawat terbang.

The Wall Street Journal mengutip sebuah penelitian yang menemukan peningkatan resiko terkena flu bisa naik 20 persen hanya karena melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Sementara studi lain di The Journal of Environmental Health Research menyebutkan kemungkinan tertular penyakit flu di pesawat lebih dari 100 kali dibandingkan di darat.

Berdasarkan penelitian The Journal of Environmental Health Research, penyebab penularan flu tersebut adalah karena kelembaban udara kabin yang rendah sehingga sistem pertahanan diri tak berjalan dengan maksimal.

Berikut tips untuk mencegah terkena flu di pesawat.

Minum air putih

Meminum air putih tak hanya melawan efek dehidrasi selama perjalanan udara yang dapat menyebabkan sakit kepala, masalah perut, kram, dan penyakit lain tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan baik.

Hidung dan tenggorokan menjadi benteng pertama ketika berada di dalam pesawat yang memiliki kelembaban udara yang rendah.

Tangan tetap bersih

Pastikan tangan tetap bersih karena kontak pertama dengan dingin, flu, dan kuman-kuman lain dimulai dari tangan. Kuman-kuman dapat berada di sandaran tangan, kursi, dan bagian-bagian pesawat lain yang kemudian bisa berpindah ke jari, alat makan, hingga ke mulut.

Usahakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan penerbangan, makan di dalam kabin pesawat, dan setelah melakukan penerbangan.

Jaga kebersihan gigi

Sama seperti dengan tangan, kebersihan gigi juga juga mencegah penularan kuman.

Penggunaan obat kumur dapat membunuh kuman dalam penerbangan, menambah pertahanan dari kuman sekaligus membantu menjaga tenggorokan tetap lembab. Pastikan membawa obat kumur yang sesuai dengan peraturan penerbangan.

Konsumsi vitamin

Vitamin C atau biasa dikenal dengan asam askorbat mempunyai tugas penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengkomsumsi vitamin C sebelum melakukan penerbangan.

Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Selain itu vitamin C juga dapat berbentuk tablet.

Kenakan pelindung wajah

Udara di dalam kabin bisa menjadi media penularan virus flu. Penumpang yang terinfeksi flu dapat bersin dan menyebarkan virus.

Gunakanlah pelindung wajah atau masker untuk mencegah terinfeksi penyakit flu ketika berada di dalam pesawat. Masker bisa melindungi virus flu masuk melalui mulut dan hidung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com