Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Menyeruput Kopi ala Turki di Depok

Kompas.com - 07/01/2016, 08:36 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Teko kecil dengan tangkai kayu dan berbahan tembaga berwarna coklat keemasan tersaji di atas meja.

Teko tersebut memiliki motif bertitik kuning, hijau, dan merah juga ukiran-ukiran. Di dalamnya terisi kopi berwarna hitam siap untuk diseruput. Itulah kopi ala Turki yang ditawarkan oleh Kedai Kopi Kimung.

Supervisor Kedai Kopi Kimung, Dendi Ginanjar mengatakan menu Kopi Ala Turki merupakan salah satu menu yang disajikan untuk para pengunjung. Ide awalnya berasal dari pemilik Kedai Kopi Kimung Syahrizal Syarif saat pergi ke Turki.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Sajian kuliner Kopi ala Turki di Kedai Kopi Kimung, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/1/2016).
"Kopi ala Turki terinspirasi ketika pemilik Kedai Kopi Kimung berkunjung ke Turki pada tahun 2012. Dia meminum di sana dan ada penyajian kopi namanya ibrik. Kemudian dia disajiin di sini," kata Dendi kepada KompasTravel saat ditemui di Kedai Kopi Kimung, Depok, Rabu (6/1/2016).

Ia menceritakan jika penyajian kopi dengan gaya Turki bagi dia memiliki keunikan dan perlu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mulai tahun 2012 kopi ala Turki mulai disajikan untuk para pengunjung.

KompasTravel sempat melihat penyajian Kopi ala Turki. Pertama-tama, dua sendok teh bubuk kopi ari biji yang telah dihaluskan ke teko yang bernama ibrik.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Dua orang pengunjung sedang duduk di ruang non-smoking di Kedai Kopi Kimung, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/1/2016).
Satu sendok teh gula dan sebatang kayu manis kemudian ikut dimasukkan. Untuk menyeduh kopi, gula, dan kayu manis, 150 mililiter air dituangkan ke Ibrik.

"Untuk memasak kopi di ibrik, kita tiga kali didihkan. Didihan pertama dan kedua, kita angkat lalu diaduk kemudian didihan ketiga diangkat dan disajikan," jelas Dendi.

Cara menyeruput kopi ala turki pertama kali yakni mengambil ampas kopi yang berada bagian atas dan dimasukkan ke gelas yang berbeda. Kopi yang ada di Ibrik lalu dituangkan dan diaduk bersama ampas kopi. Kopi ala Turki terasa punya ciri khas yakni kental dan nikmat.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Menu singkong bakar dan Kopi ala Turki di Kedai Kopi Kimung, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/1/2016).
Pengunjung Kedai Kopi Kimung bisa memesan Kopi ala Turki dengan pilihan jenis kopi nusantara seperti Aceh-Gayo, Sumatera Utara-Mandailing, Toraja-Kalosi, Papua-Wamena. Untuk harga secangkir Kopi Ala Turki ditawarkan dengan harga Rp 28.000.

Kedai Kopi Kimung terletak di Jalan Margonda Raya no 451, Pondok Cina, Depok, Jawa Barat. Kedai Kopi Kimung buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-11.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-12.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com