Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Camilan, Lumpia "Besar" Ini Bisa Jadi Lauk

Kompas.com - 07/01/2016, 16:04 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Lumpia adalah kudapan yang dikenal berasal dari daerah Semarang, meskipun demikian di Yogyakarta ada beberapa tempat yang menjualnya, dan salah satunya adalah Kedai Loempia Boom.

Jika selama ini orang mengenal Lumpia berisikan rebung, di Loempia Boom, Anda bisa menikmati lumpia dengan beragam varian isian. Juga bisa menikmatinya dengan cara yang baru.

Seringkali lumpia dianggap hanya makanan ringan atau cemilan. Di Loempia Boom makanan ini bisa dijadikan lauk yang dimakan bersama nasi.

Tidak hanya cara menikmati dan varian isinya yang berbeda, ukuran lumpia di tempat ini juga lebih besar dibanding dengan lumpia pada umumnnya. Uniknya, Anda bisa memilih lumpia yang berisikan ayam, baso, sosis, ampela-ati, jamur, udang, dan cumi.

Kedai ini berada di Jalan Manggis, Klebengan Blok CT Nomor 8, Kecamatan Depok, Kabupeten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Nasi goreng seafood dan lumpia Boembastic dari Sleman.

Diungkapkan Tiwi, salah satu pegawai Loempia Boom, setiap isian lumpia memiliki isian dasar berupa telur, wortel, serta daun bawang, kemudian dikombinasikan dengan beragam varian isi yang disebutkan di atas.

"Kami punya menu andalan Loempia Boombastic, yang merupakan lumpia berisikan campuran antara daging, bakso, dan sosis," ujar Tiwi.

Jika memesan satu porsi lumpia, Anda akan mendapatkan satu buah lumpia berwarna kuning keemasan yang disajikan dalam wadah unik yang terbuat dari bambu. Lumpia tersebut disajikan dengan sambal tomat, lalapan, dan terdapat taburan kremes di atasnya.

Sebelum disajikan lumpia tersebut digoreng terlebih dahulu. Lumpianya memiliki struktur kering di luar lembut di dalam.

Kulit lumpianya sedikit tebal tetapi crispy. Sedangkan isinya lembut dengan cita rasa gurih. Perpaduan tersebut semakin pas dengan adanya sambal sebagai cocolannya.

Tidak hanya menyediakan lumpia, tempat makan yang setiap harinya buka dari jam 10.30 siang hingga 21.00 ini juga menyediakan beragam menu lainnya, mulai dari nasi goreng, Kwetiaw, Spaghetti, Cah Kangkung, Chicken Teriyaki, capcay, mie goreng, dan beberapa pilihan lainnya.


Kedai Loempia Boom di Kota Sleman, tampak luar.
Untuk nasi gorengnya juga terdapat beberapa pilihan seperti nasi goreng original, jamur, seafood, daging sapi, dan nasi goreng spesial. Cara penyajian nasi goreng ini pun cukup menarik, yakni menggunakan wajan berukuran kecil.

Meskipun menjual makanan tradisional, tetapi tampilan kedai Loempia Boom cukup modern dan bersih. Tidak hanya berada di Klebengan, kedai ini juga dapat Anda jumpai di daerah jalan Selokan Mataram, Pogung Dalangan (Utara fakultas Teknik UGM) Yogyakarta.

Masalah harga Anda tidak usah khawatir karena cukup terjangkau. Untuk menu lumpia dapat Anda nikmati mulai dari harga Rp 8.500 hingga Rp 9.500. Sedang beragam menu lainnya memiliki rentang harga mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 12 ribu. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com