Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet, Kendala Turis Kapal Pesiar Berwisata di Jakarta

Kompas.com - 08/01/2016, 16:37 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan di Jakarta menjadi kendala turis asing kapal pesiar untuk berwisata di ibu kota. Padahal, Jakarta punya obyek wisata yang menarik untuk ditawarkan kepada turis asing.

"Jakarta masih sangat menarik untuk turis asing kapal pesiar tapi kemacetan lalu lintasnya yang menghambat," kata Managing Director Cruise Asia, Yasa Sediya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (7/1/2016).

Ia mengatakan Jakarta sebagai kota kosmopolitan memiliki obyek wisata seperti Monumen Nasional, Taman Nasional Indonesia Indah, berbelanja di Sarinah, Grand Indonesia, dan juga berkunjung ke sekolah Obama. Namun, untuk mengunjungi obyek-obyek wisata tersebut, menurutnya memerlukan waktu yang lama.

"Mereka punya waktu singgah sebentar. Semua obyek wisatanya di Jakarta menarik tapi macet," jelasnya.

Sebelumnya, kapal pesiar Volendam tiba di Pelabuhan Tanjung Priok sekitar pukul 07.00 WIB, Kamis (7/1/2016). Kapal pesiar ini berwarna dominan biru dan putih. Di badan kapal, bertuliskan "Holland American Line" dan Volendam.

Sekitar pukul 07.45 WIB, terlihat para turis asing mulai turun menuju pintu keluar Terminal Penumpang Nusantara Pura II. Di pelataran area bersandar kapal, terlihat penari-penari dan ondel-ondel. Turis kapal pesiar Volendam terlihat sempat berfoto dengan para penari dan ondel-ondel.

Salah satu Anggota Dewan Kehormatan Kementerian Pariwisata, Indroyono Soesilo mengatakan sebagian turis asing di kapal pesiar Volendam mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta. Mantan Menko Kemaritiman era pemerintahan Jokowi ini menyebutkan obyek-obyek wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah, Museum Fatahillah, dan Monumen Nasional dikunjungi oleh turis asing tersebut.

"Ada sekitar 1.400 orang turis. Sekitar 400 orang akan berwisata di Jakarta," jelas Indroyono.

Kapal pesiar Volendam berlayar menuju Semarang, Probolinggo, Surabaya, Bali, dan Labuan Bajo. Para turis juga akan mengunjungi beberapa obyek wisata di Indonesia.

Volendam merupakan kapal pesiar milik Belanda yang dioperatori oleh Holland American Line. Kapal ini memiliki 10 dek khusus penumpang yakni dek 1, 2, 3, 6, 7, dan 8. Kapal pesiar Volendam berkapasitas 1.432 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com