Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garut Andalkan Kesenian untuk Menggaet Wisman

Kompas.com - 10/01/2016, 12:04 WIB
GARUT, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisan)dengan mengoptimalkan atraksi kesenian dan kebudayaan daerah.

"Wisatawan mancanegara itu seperti Jepang senang dengan kesenian dan kebudayaan kearifan lokal," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Garut, Budi Gan Gan kepada wartawan di Garut, Jumat (8/1/2016).

Budi menuturkan, pergelaran seni tradisional dan budaya akan mampu memikat wisatawan asing untuk berkunjung ke Kabupaten Garut.

Menurut dia, Kabupaten Garut memiliki banyak potensi dan nilai-nilai kearifan lokal yang dapat menjadi perhatian menarik bagi wisatawan.

"Untuk itu kami akan mengoptimalkan potensi budaya dan pementasan seni tradisional yang memiliki nilai produk kearifan lokal asli Garut," katanya.

Budi menyebutkan seni tradisional lokal Garut yang memiliki nilai jual pariwisatanya yakni seperti seni adu ketangkasan domba, surak ibra, dan lais.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pekerja mengemas dodol merek Picnic, Garut.
Disbudpar Garut mulai 2016 siap mengagendakan secara rutin berbagai kegiatan kesenian dan kebudayaan. "Tahun 2016 kami akan mengagendakan secara rutin pementasan seni tradisional Garut," katanya.

Ia memaparkan, program pementasan kesenian dan budaya itu tidak hanya mampu mengundang wisman, tetapi wisatawan lokal dan domestik.

Rencananya, lanjut Budi, berbagai pementasan kesenian dan budaya itu akan dikemas lebih baik dan menarik, bahkan dikolaborasikan dengan obyek wisata yang ada di Garut.

"Kita juga akan memberdayakan seluruh praktisi seni dan budayawan di Garut, juga akan membangun fasilitas penunjangnya," tambah Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com