Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakura dari Sleman

Kompas.com - 11/01/2016, 18:27 WIB
LAHIR dan besar dalam lingkungan pembatik di Sleman, Yogyakarta, menjadikan Nuri Ningsih Hidayati (23) tak bisa jauh-jauh dari batik. Motif batik bergaya Jepang yang dikombinasikan olehnya dengan motif batik tradisional menghasilkan lembaran kain yang unik.

Nuri mengangkat motif-motif yang ”dekat” dengan Jepang, seperti bunga sakura, bunga khas Jepang. ”Bunga sakura itu bunga tidur saya. Lalu saya coba ikuti saja mimpi saya itu dan jadilah batik gaya Jepang,” ungkap Nuri yang pernah berpameran di Kemang, Jakarta Selatan.

Batik bergaya Jepang itu awalnya dibuat sebagai satu tugas akhir kuliah Nuri di Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Bagi Nuri, bunga sakura adalah bunga indah dengan warna yang cantik. ”Saya sampai bercita-cita bisa berkunjung ke Jepang, menyaksikan bunga sakura yang bermekaran di musim semi.”

Namun, Nuri tak mau sekadar menuangkan motif bunga sakura secara mentah-mentah. Ia mengombinasikan dengan motif tradisional, seperti truntum.

”Warna-warna peach bunga sakura sangat menyatu dengan pewarna alami yang saya gunakan. Menghasilkan perpaduan motif dan warna yang menurut pasar unik dan eksklusif,” kata Nuri.

Dia mengakui, penggabungan motif tersebut memiliki tingkat kerumitan tinggi, terutama dari pewarnaan yang membutuhkan ketelitian, karena pengaplikasian warna sangat detail dan membutuhkan waktu cukup lama.

Meski begitu, Nuri sangat menikmati proses membatik yang dilakukannya. Apalagi respons pasar juga sangat positif. Beberapa batik bergaya Jepang karya dia telah dikoleksi sejumlah tokoh penting di Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com