Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuansa Timur Tengah di Kawasan Puncak

Kompas.com - 17/01/2016, 11:32 WIB
PESONA alam pegunungan di kawasan Puncak di Bogor dan Cianjur memikat hati warga Timur Tengah. Mereka berduyun-duyun berwisata ke kawasan tersebut selama berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Panorama alam yang hijau, elok, disertai udara sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong dari negara-negara bergurun pasir tersebut.

Dalam lima tahun terakhir, kunjungan wisatawan asal Arab Saudi dan sejumlah negara di Jazirah Arab, seperti Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, dan Yaman, meningkat pesat.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Wisatawan asal Timur Tengah bermain di kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Setidaknya, saban bulan, 1.000-1.500 pelancong datang ke kawasan ini. Meningkatnya jumlah wisatawan asal Timur Tengah itu juga membawa banyak perubahan di kawasan Puncak.

Yang paling menonjol adalah tumbuhnya sejumlah tempat usaha pendukung wisata, seperti restoran, swalayan, jasa pangkas rambut, dan tempat penukaran uang. Semuanya membidik konsumen pendatang asal Timur Tengah.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Berwisata di Taman Bunga Nusantara, Jawa Barat.
Perubahan ini membawa konsekuensi. Di satu sisi, kunjungan wisatawan asal Timur Tengah turut memutar perekonomian warga setempat.

Namun, di sisi lain, kentalnya nuansa Arab di kawasan ini berdampak terhadap sosial-budaya setempat. (RAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com