Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balikpapan Siapkan Wisata Gerhana Matahari Total

Kompas.com - 19/01/2016, 14:35 WIB
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan, Kalimantan Timur akan memanfaatkan fenomena alam gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 yang melewati kota ini dengan pesta wisata.

"Pesta meriah dalam menyambut GMT yang tidak jauh dengan perayaan HUT Kota Balikpapan pada 10 Februari 2016. Dimana Disporabudpar telah menyiapkan pesta meriah yakni terbagi di dua titik lokasi," kata Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan, Oemy Facesly di Balikpapan, Senin (18/1/2016).

"Dua lokasi tempat penyelenggaraan fenomena GMT di antaranya Pantai Manggar dan Lapangan Merdeka," sambungnya.

Oemy mengatakan fenomena langka tersebut akan dijadikan momen untuk menarik wisatawan serta mempromosikan pariwisata di Balikpapan.

"Kita akan adakan dua tempat untuk menyambut fenomena gerhana matahari total. Untuk di Pantai Manggar kami akan adakan pesta laut, sedangkan di Lapangan Merdeka kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk pengerahan massa siswa pelajar sekalian di sana belajar Astronomi," kata Oemy.

Barry Kusuma Keindahan Pulau Maratua, Kalimantan Timur.
Selain itu, akan dilaksanakan juga bazar, kuliner dan pertunjukan di Lapangan Merdeka. Ini kesempatan bagus untuk menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisata Balikpapan.

"Kita akan menarik wisatawan sebanyak-banyaknya karena ini momen langka, sangat bagus sekali," kata Oemy.

GMT pernah terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Kali ini GMT akan melintasi beberapa daerah termasuk Balikpapan.

Tepat pada 9 Maret 2016, sejumlah kota yang akan dilintasi oleh GMT adalah Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com