Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Wisatawan Ceko ke Indonesia Tetap Tinggi

Kompas.com - 20/01/2016, 10:09 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Minat wisatawan Ceko untuk berkunjung ke Indonesia tetap tinggi meskipun terjadi teror bom di Jalan MH Thamrin Jakarta, Kamis (14/1).

"Hal itu terungkap dalam pembicaraan antara Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Aulia A Rachman dengan Sekretaris Jenderal Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Ceko, Michal Veber di sela-sela Pameran Wisata "Go and Region Tour" di kota Brno, Ceko," kata Sekretaris Kedua Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar RI (KBRI) Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Selasa (19/1/2016).

Dubes Aulia Rachman dan tim KBRI Praha berpartisipasi pada pameran wisata terbesar di wilayah timur Ceko sebagai dukungan terhadap aktivitas promosi wisata Indonesia kepada masyarakat Ceko.

Dubes menjelaskan situasi yang terjadi di Jakarta, termasuk cepatnya penanganan krisis pascaledakan bom menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia berhasil menguasai situasi tidak lebih dari 4 jam.

Menurut Dubes, partisipasi Indonesia di Ceko pada pameran wisata ini memiliki arti penting untuk memberikan jaminan atas situasi di Indonesia.

Respon masyarakat dan penanganan aparat keamanan di Indonesia terhadap insiden teror di Jalan MH Thamrin juga berkontribusi dalam mengembalikan keyakinan masyarakat Ceko terhadap stabilitas situasi di Indonesia.

Aulia Rachman mengungkapkan dukungan Pemerintah Ceko upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani teror.

Dalam pernyataan yang dimuat di portal Kementerian Luar Negeri Ceko, Pemerintah Ceko mengutuk serangan teror yang terjadi di Jakarta dan menyampaikan bela sungkawa kepada korban yang jatuh.

Dubes Aulia menerima informasi Pemerintah Ceko tidak mengeluarkan "travel warning" (peringatan bepergian) ke Indonesia dan hanya mengimbau warga Ceko yang berada di Indonesia berhati-hati dan menghindari pusat keramaian.

KBRI Praha bekerja sama dengan biro perjalanan asal Ceko, Aquatravel berpartisipasi pada pameran wisata "Go and Region Tour" yang digelar di Pusat Expo Brno pada tanggal 14-17 Januari.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi wisatawan saat mengunjungi pasar tradisional di Pasar Ubud, Gianyar, Bali beberapa waktu lalu.
Pameran Go and Region Tour digelar di kota Brno, sekitar 200 km di sebelah tenggara ibukota Ceko, Praha diikuti sekitar 726 perusahaan sektor pariwisata, termasuk ticketing office, karoseri motorhome, biro perjalanan wisata dan layanan terkait lainnya.

Tidak kurang dari 50 biro menyediakan layanan wisata dengan tujuan Indonesia. Di samping Bali, tujuan wisata yang diminati adalah Sumatera, Papua dan Sulawesi.

Menurut sejumlah biro perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Indonesia, rata-rata durasi kunjungan wisatawan asal Ceko ke Indonesia adalah 15 hari.

Menurut salah satu pemilik biro perjalanan wisata Ceko, Jiri Hruska, durasi kunjungan wisatawan asal negaranya di Indonesia berkisar antara tujuh hari hingga 21 hari.

Jiri Hruska, yang fasih berbicara bahasa Indonesia menganggap Indonesia sebagai rumah pertamanya. Biasanya dalam setahun selama delapan bulan dirinya berada di Indonesia, sehingga kadang Jiri Hruska merasa Indonesia adalah rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com