Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Flamenco di Jerez, Kota Kelahiran Lola Flores

Kompas.com - 21/01/2016, 16:03 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

KOMPAS.com - Lola Flores ibarat legenda di Andalusia, Spanyol. Perempuan yang bernama lengkap María Dolores ”Lola” Flores Ruiz, merupakan perempuan asli Jerez de la Frontera, kota kecil di Provinsi Cadiz, yang masuk dalam wilayah otonomi Andalusia, Spanyol. 

Ia adalah penyanyi, penari, sekaligus aktris terkenal di Spanyol. Bukan hanya itu yang membuatnya terkenal, tetapi Lola yang sangat mencintai Andalusia, selalu mempromosikan kebudayaan daerah kelahirannya itu.

Lola lahir pada 21 Januari, 93 tahun yang lalu dan meninggal di Madrid pada 16 Mei 1995. Hari ini, Google Doodle pun turut merayakan kelahiran Lola Flores.

Lewat dunia seni, ia menekuni Flamenco yang merupakan kesenian asli dari Andalusia. Berkat kegigihannya, ia berhasil mempopulerkan budaya gipsi Spanyol, bahkan menjadi ikon Andalusia.

Andalusia, berada di bagian selatan Spanyol. Luasnya meliputi sebagian besar selatan Spanyol. Cadiz beribu kota Jerez, tempat kelahiran Lola.

Jerez merupakan kota yang masih tradisional, tidak terlalu modern seperti Sevila dan Cordoba, yang sama-sama berada di Andalusia. Kota ini penuh sejarah, terlihat dari bangunan-bangunan tuanya. Sebut saja benteng Moor atau Alcazaba yang masih kokoh berdiri sejak abad ke 11.

Jerez merupakan pusatnya kebudayaan Flamenco di Spanyol. Tidak sulit untuk menemukan pertunjukan-pertunjukannya di sini.

ThinkStock Grup Flamenco tampil di Plaza Mayor, Madrid, Spanyol.
Kafe dan penginapan

Banyak kafe atau bar, hingga penginapan sederhana yang menyediakan tarian, musik, dan segala hal yang berhubungan dengan seni Flamenco.

Beberapa yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati Flamenco adalah Bar Arco de Santiago, Calle Barreras, La Taberna Flamenca, Angostillo de Santiago, dan, Jerez de la Frontera. Juga guesthouse La Fonda Barranco, yang setiap selasa sore menyelenggarakan pertunjukan Flamenco.

Festival

Festival Flamenco Jerez adalah salah satu yang paling penting di dunia, Jatuh pada  24 Februari sampai 11 Maret di tiap tahunnya. Dalam waktu dua minggu, wisatawan disuguhkan tarian-tarian dan musik fenomenal dari artis Flamenco internasional. Festival ini berpusat di sekitar Barrio de Santiago yang menghadap Katedral.

Belajar tari

Andalusian Flamenco Foundation berada di Plaza de San Juan atau dikenal sebagai pusat kebudayaan Flamenco Andalusia merupakan bangunan rumah bergaya abad ke 18, yang bernama Palacio de Pemartín.

Di sini Anda dapat belajar sejarah tari Flamenco dengan tampilan audiovisual. Serta dapat belajar singkat tari Flamenco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com