Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat GMT, Pemkot Balikpapan Gelar "Nobar" dan Pesta Kuliner

Kompas.com - 25/01/2016, 14:33 WIB
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, akan menggelar nonton bareng (nobar) fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan, Abdul Majid di Balikpapan, Minggu (24/1/2016), mengatakan nobar peristiwa GMT itu akan dilaksanakan di Pantai Manggar, Balikpapan Timur.

"Untuk itulah segala persiapan dilakukan oleh Pemkot Balikpapan agar kemasan wisata saat momen ini terjadi terasa maksimal dan rencananya pemerintah menargetkan 30.000 wisatawan berkunjung ke Pantai Manggar saat acara nobar tersebut," katanya.

Peristiwa GMT diprediksi berlangsung selama 45 detik pada pukul 08.15 Wita, Rabu (9/3/2016). Kejadian tersebut akan disaksikan bersama-sama di Pantai Manggar bersama perwakilan Pemkot Balikpapan.

"Selama acara nonton bareng gerhana matahari total pemerintah juga akan mengadakan pesta laut yang terdiri atas kuliner masakan laut gratis dan lomba perahu naga," kata Majid.

Selain itu, akan dilaksanakan juga bazar, kuliner dan pertunjukan di Lapangan Merdeka. Hal tersebut merupakan kesempatan bagus untuk menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisata Balikpapan.

Fenomena GMT pernah terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Pada 9 Maret 2016, selain Balikpapan, GMT akan melintasi beberapa daerah yakni Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com