Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Itu Bukan China, Banyak Banget Obyek Wisatanya!

Kompas.com - 02/02/2016, 13:02 WIB
Reza Pahlevi

Penulis


KOMPAS.com – Kunci perjalanan wisata yang bisa berkesan dan terus terkenang adalah menentukan pilihan lokasi yang tepat. Riset awal, termasuk menyimak cerita "para pendahulu", bisa jadi cara penentuan lokasi tersebut. Pernah dengar wisata di Taiwan, misalnya?

Selama ini Taiwan nyaris dianggap sama saja dengan negara tetangganya, China. Kalaupun ada yang tahu soal negara ini, kebanyakan hanya tahu urusan bisnis. Padahal, ada banyak lokasi wisata layak disambangi di sini.

Ya, untuk wisata air sampai teknologi, misalnya, Taiwan punya semuanya. Mau tahu lokasi dan cara mendatanginya? Simak bocorannya berikut ini:

Taman Nasional Naroko

Seluas 92.000 hektar, Taman Nasional Taroko punya tebing pualam yang menjulang tinggi dihiasin aneka ornamen bak kristal berkilauan. Setelah mencapai puncaknya, pemandangan jurang yang curam memperlihatkan keindahan alur sungai berlika-liku. 

Ada tujuh jalur yang bisa dilintasi untuk sampai ke puncak tebing itu. Tiga di antaranya adalah Shakadang Trail, Changcun Trail, dan Chongde Trail.

Di sepanjang jalur itu pengunjung juga bisa melihat beragam flora, serta fauna. Bahkan, ada kuil dengan arsitektur tiang-tiang besar berwarna merah dengan gapura kayu di depannya.

Kesempatan berinteraksi dengan suku asli Taroko merupakan "bonus" lain di sini. Mereka adalah Suku Truku yang masih menjaga dan menjalani tradisi leluhur.

Bagi kaum pria, suku ini masih menerapkan cara berburu sebagai metode produksi utama mereka. Sementara itu, para wanitanya bertanggung jawab atas tenun dan pertanian. Semua ini sudah berjalan sejak zaman nenek moyang mereka dan bertahan secara turun-temurun hingga Anda saksikan nanti. 

Taman nasional ini berlokasi di kawasan utara Taiwan. Untuk menjangkaunya, dari Taipei Anda bisa menumpang kereta tujuan Xincheng. Dengan harga tiket setara Rp 100.000 sampai Rp 300.000, dari stasiun itu Anda bisa menumpang bus tujuan Hualien yang langsung menuju ke taman tersebut.

Taipei 101

Anda termasuk pecinta gedung tinggi? Taiwan punya banyak menara pencakar langit. Salah satu yang khas adalah Taipei 101.

Seperti namanya, gedung ini berketinggian 508 meter dan mempunyai 101 lantai. Sempat menjadi gedung tertinggi di dunia, kini Taipei 101 menjadi gedung ketiga tertinggi setelah Abraj Al-Bait di Uni Emirat Arab dan Burj Khalifa di Dubai.  

Untuk para pengunjung, saat menaiki menara ini, hanya diperbolehkan sampai lantai 91. Berlokasi di pusat Kota Taipei, landmark ini menyediakan pemandangan ke seantero Ibu Kota Taiwan itu.

Jangan khawatir kaki pegal untuk mendaki ke atas. Taipei 101 menyediakan lift yang bahkan masih memegang rekor kecepatan di dunia. Dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik, tanpa guncangan pula. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan dengan tangga ke lantai 91.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com