Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Panduan Transportasi untuk Melihat "Bunga Bangkai Raksasa" di Bekasi

Kompas.com - 04/02/2016, 12:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Bunga bangkai yang tumbuh di Bekasi kini tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Bunga bangkai raksasa dengan nama latin Amorphophallus titanum ini tumbuh di tempat bernama Rumah Perubahan yang merupakan tempat milik Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Khasali.

Rumah Perubahan terletak di Jl. Raya Hankam, Jatimurni, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat tepatnya di dalam Gang Masjid di samping Gardu Induk PLN Jati Ranggon. Dari Gang Masjid hingga pintu masuk Rumah Perubahan berjarak sekitar 200 meter.

Jika ingin menuju Rumah Perubahan, terdapat dua pilihan cara yakni menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum bisa menggunakan angkutan kota dari Terminal Kampung Melayu dan Terminal Kampung Rambutan.

Anda bisa menggunakan Mikrolet nomor M28 tujuan Kampung Melayu - Pondok Gede. Mintalah untuk diturunkan di Pasar Pondok Gede dan selanjutnya naik angkutan kota jurusan Kampung Rambutan - Kranggan - Pondok Gede yang dikenal dengan sebut "KR".

Kompas.com/Robertus Belarminus Terminal AKAP Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Kamis (17/7/2014).

Setelah menaiki angkutan kota "KR", mintalah turun di Rumah Perubahan atau Gang Masjid di sebelah Gardu Induk PLN Jati Ranggon. Total biaya yang dibutuhkan dari Kampung Melayu. Total biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 15.000.

Sementara jika berangkat naik Kampung Rambutan terdapat dua angkutan umum yang mengakomodasi perjalanan Anda ke Rumah Perubahan yakni angkutan kota "KR" dan KOASI (Koperasi Angkutan Bekasi) K28A jurusan Kampung Rambutan - Komplek AL (via Bambu Apus - Tol Jorr - Jatiwarna - Kranggan).

Kedua angkutan tersebut akan tepat berhenti di Rumah Perubahan atau Gang Masjid di samping Gardu Induk PLN Jati Ranggon. Namun lebih disarankan untuk menggunakan angkutan kota KOASI K28A karena kendaraan tersebut melewati jalur tol dan menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan angkutan kota "KR".

Angkutan kota  "KR" sendiri melewati rute Kampung Rambutan - Ujung Aspal via Ps. Rebo - Hek - Pinang Ranti - Pd. Gede - Hankam Raya - Jatiwarna. Biaya yang dibutuhkan untuk angkutan kota "KR" dan K28A berkisar sekitar Rp 8.000 - Rp 10.000.

Alsadad Rudi Suasana di Terminal Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (19/11/2014)
Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil dari Jakarta bisa mengambil rute Tol Cikunir lalu keluar di pintu tol Jatiwarna/Kranggan dan arahkan kemudi ke arah Kranggan menuju Gardu Induk PLN Jati Ranggon hingga tiba di Rumah Perubahan. Sementara dari jalur dari Bandung atau Cikampek dapat mengambil rute serupa dengan perjalanan dari Jakarta.

Jarak yang ditempuh dari pintu keluar Tol Jati Warna menuju ke arah Rumah Perubahan berkisar 2 kilometer. Jangan sampai terlewat, patotan termudah untuk menemukan Rumah Perubahan adalah Gardu Induk PLN Jati Ranggon.

Rumah Perubahan juga dapat ditempuh menggunakan motor. Rute yang dapat digunakan dari arah pusat Jakarta yakni Jalan Raya Kali Malang - Perempatan Pangkalan Jati - Jalan Jati Waringin Raya - Pasar Pondok Gede - Jalan Raya Hankam - Gardu Induk PLN Pondok Rangoon. Sementara, jika dari Depok bisa melewati Jalan Raya Margonda - Jalan Raya Juanda - Pinggir Tol Cijago - Jalan Alternatif Cibubur - Jalan Raya Kranggan Permai - Gardu Induk PLN Jati Rangon - Rumah Perubahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com