Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tidur Nyenyak di Pesawat? Hindari 10 Hal Ini

Kompas.com - 09/02/2016, 17:09 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

KOMPAS.com - Saat naik pesawat, Anda sebaiknya menggunakan waktu senggang yang langka ini untuk menutupi kebutuhan tidur Anda. Dengan begini, Anda akan mendarat di daerah tujuan dengan mata dan tubuh yang segar.

Tetapi ternyat tidur di pesawat tak selamanya mudah. Dalam kenyataan, sering kali Anda berakhir melakukan hal yang membuat Anda terjaga. Saat Anda mendarat, Anda pun lelah.

Untuk menghindari kegagalan liburan karena terlalu lelah, pahami hal apa saja yang membuat Anda sulit tidur dan hindari melakukannya.

Memandang Layar

Terjebak pada layar gadget merupakan kesalahan kecil yang sering. Layar smartphone, tablet, dan laptop memancarkan cahaya biru yang mengganggu hormon tidur tubuh.

“Sejatinya, cahaya biru mengganggu produksi melatonin di otak kita,” kata Director of Behavioral Sleep Medicine di New York’s Montefiore Health System, Shelby Harris.

“Melatonin membuat kita mengantuk, tapi perlu situasi gelap agar berfungsi. Dan cahaya biru mengurangi melatonin lebih kuat dari cahaya putih biasa,” tambahnya.

Jika Anda tak bisa menenangkan pikiran Anda, cobalah membaca buku.

“Membaca saat terbang adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan agar bisa tidur,” kata Pengarang Clinical Psychologist and Wellness, Ben Michaelis.

“Itu (membaca) membantu mengistirahatkan pikiran Anda, dan membuat Anda merasa santai dan menjauhkan Anda dari keramaian dan kesibukan perjalanan.”

Minum Alkohol Sebelum Tidur

Jangan menipu diri Anda dengan berpikir alkohol sebelum tidur bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Faktanya, banyak penelitian menyatakan segala bentuk alkohol yang dikonsumsi satu jam sebelum tidur akan membuat Anda dehidrasi, membuat Anda pusing saat bangun, memperkuat efek ‘jetlag’, dan mengganggu pola tidur Anda.

Minuman keras pasti mengganggu ritme biologis tubuh. Anda tidak akan bisa tidur selama yang dibutuhkan dan tidak akan mendapat istirahat yang cukup dari tidur Anda.

Minum Kopi

Saat pramugari menanyakan pesanan minum Anda, godaan menggiurkan untuk memesan segelas kopi datang. Apalagi saat aroma kopi tercium ke seluruh kabin, tolak godaan ini jika Anda ingin tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com