Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan "Cruise" Meningkat, Terbanyak Sandar di Pelabuhan Benoa

Kompas.com - 09/02/2016, 21:14 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kunjungan kapal pesiar (cruise) di lingkungan kerja PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren positif.

Berdasarkan catatan, sepanjang tahun 2015 tercatat sekurangnya sebanyak 130 kapal pesiar singgah melalui pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III dengan membawa 128.574 wisatawan mancanegara (wisman) dengan berat kapal mencapai 6.798.284 Gross Tonnage (GT).

Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Edi Priyanto Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengatakan bahwa jumlah kunjungan kapal pesiar menunjukkan peningkatan sebesar 3 persen dibandingkan jumlah kunjungan kapal pesiar pada  tahun 2014 yang tercatat sebanyak 126 unit.

Sedangkan jumlah kunjungan wisman meningkat 52,5 persen dibandingkan tahun 2014 yang tercatat 84.827 turis dan berat kapal meningkat 40,7 persen dibandingkan tahun 2014 yang tercapai sebanyak 4.725.008 GT.

Edi kembali merinci, dari 130 kapal pesiar yang sandar pada pelabuhan-pelabuhan di wilayah Pelindo III, terdiri dari sebanyak 58 kapal pesiar sandar di Pelabuhan Benoa (Bali), disusul 26 kapal pesiar di Pelabuhan Lembar (Nusa Tenggara Barat), 19 unit kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang, Jawa Tengah), kapal pesiar lainnya bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya, Jawa Timur), Celukan Bawang (Bali), Tanjung Tembaga (Probolinggo), Kumai, Maumere, Tenau Kupang dan Bima.

“Pengembangan pelabuhan berbasis wisata yang dilakukan Pelindo III merupakan komitmen dalam mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia," jelas Edi. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com