Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Traveling" yang Hemat? Bukan Mitos, Ini Caranya...

Kompas.com - 11/02/2016, 16:08 WIB

KOMPAS.com - Traveling menjadi cara yang baik untuk mengeksplorasi hal-hal dalam diri dan mengenal tempat-tempat baru yang menarik. Masalah terbesar dalam traveling adalah cara menghemat dan menyimpan uang, baik sebelum maupun saat dalam perjalanan. Ini dia tips berhemat untuk traveling yang bisa kita praktekkan:

1. Memesan tiket melalui internet

Memesan dan membeli tiket melalui internet akan menghemat uang Anda, karena mulai dari situs tiket transportasi serta akomodasi dan hotel menawarkan diskon yang banyak untuk perjalanan Anda. Lebih baik pula Anda memesan tiket dari jauh-jauh hari agar lebih murah dan tidak kehabisan.

2. Mengetahui lingkungan tempat tinggal selama di tempat liburan

Rencanakan perjalanan dan penginapan selama liburan yang dekat dengan toko, tempat makan, hingga tujuan wisata populer lokal. Sudah banyak saat ini fasilitas homestay yaitu warga setempat yang menawarkan rumah mereka sebagai penginapan dengan harga yang lebih murah.

3. Pergi pada hari biasa

Traveling di hari biasa atau bukan pada masa liburan adalah salah satu tips untuk menghemat pengeluaran, karena harga tiket cenderung mahal pada masa liburan. Selain itu, Anda akan terhindar dari ramainya wisatawan yang biasanya memadati kawasan wisata di hari libur.

4. Rencana

Buatlah semua rencana dengan maksimal agar Anda mengetahui setiap tempat yang akan dikunjungi dan transportasi yang akan digunakan. Ini akan menangkal setiap hal tidak berguna di sebuah tempat tujuan, termasuk juga mengurangi permborosan uang serta waktu.

5. Selalu gunakan transportasi umum

Menggunakan sarana transportasi umum di tempat liburan akan membantu menghemat uang Anda. Anda bisa menggunakan bus atau kereta. Tidak hanya akan lebih hemat, namun juga Anda akan lebih merasakan kehidupan lokal di kota tersebut.

Nah, itulah dia tips berhemat untuk traveling yang harus dilakukan. (magforwomen.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com