Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kediri Gelar Festival Durian, Ribuan Durian Dibagi-bagikan

Kompas.com - 14/02/2016, 14:40 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar festival durian di Desa Medowo, Kandangan pada Minggu (14/2/2016).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Kediri Haris Setiawan di Kediri, Jumat (12/2/2016), mengemukakan festival itu diselenggarakan guna mengenalkan durian asal kabupaten setempat. Selain itu, masyarakat luas juga bisa menikmati durian yang tumbuh di Kabupaten Kediri.

"Ada sekitar 2.200 durian yang terkumpul, nantinya akan dibagikan pada pengunjung," katanya.

Durian-durian itu, kata dia, merupakan hasil pertanian warga dari desa tersebut. Selama ini, desa itu dikenal sebagai salah satu sentra penghasil durian. Selain manis, daging durian juga tebal.

Beberapa jenis durian yang ditanam warga, di antaranya durian gapu, durian kelud, durian marantus, durian semoyo, dan durian simas. Masing-masing jenis durian tersebut mempunyai tekstur yang berbeda, tapi tetap enak.

Haris mengatakan festival itu diselenggarakan di depan Kantor Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Selain makan durian bersama, dalam kegiatan itu juga ada kontes durian.

Para pengunjung, kata dia, juga disediakan minum susu gratis, minum kopi gratis, serta pameran UMKM. Pengunjung juga akan dihibur beragam kesenian tradisional, berupa "klenengan campursari".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com