Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Agar "Traveling" Bersama Keluarga Tak Mengecewakan

Kompas.com - 14/02/2016, 18:10 WIB
KOMPAS.com -  Tak ada yang ingin kecewa saat melakukan perjalanan liburan keluarga. Untuk itu, kita perlu berhati-hati dalam merencanakan liburan, mulai dari waktu hingga destinasi. Berikut caranya:

1. Tetapkan tanggal dengan pasti

Atur dan tetapkanlah tanggal untuk berlibur. Periksa tanggal cuti kerja, tanggal libur anak sekolah, dan lainnya. Kemudian, pilih dan sesuaikan lama waktu yang dibutuhkan untuk berlibur. Pastikan pula apakah Anda akan pergi di musim padat kunjungan atau saat musim sepi kunjungan.

2. Buat daftar destinasi favorit

Cari dan buatlah daftar semua tempat yang ingin dikunjungi dan kemudian pilihlah obyek wisata yang paling menarik. Pastikan semua anggota membuat daftar masing-masing.

Lalu diskusikan dari daftar-daftar tersebut, tempat-tempat mana yang akan dikunjungi. Termasuk akan makan di mana dan menginap di mana.

Jangan lupa untuk memeriksa cuaca di daerah tujuan. Terlebih jika Anda memilih destinasi luar negeri yang memiliki musim yang berbeda-beda. Sesuaikan obyek wisata yang akan dikunjungi dengan kondisi cuaca di sana.

3. Kumpulkan informasi liburan secara online

Ada banyak website yang membahas destinasi wisata favorit. Cek secara rinci tempat-tempat tersebut, termasuk mengenai hotel, tempat belanja, restoran, obyek wisata, dan lain-lain. Rancang itinerary per hari berdasarkan hasil temuan tersebut.

4. Bicarakan pada teman

Bicarakan tentang rencana liburan kepada teman atau rekan kerja dan mintalah bantuan mereka untuk memaksimalkan rencana. Mungkin saja salah seorang dari mereka sudah pernah berkunjung ke daerah yang sedang ingin kita kunjungi, sehingga kita mendapatkan rekomendasi dari orang yang sudah berpengalaman ke tempat tersebut. .

5. Periksa situs traveling untuk mendapatkan diskon

Situs perjalanan biasanya menawarkan berbagai diskon, mulai dari tiket pesawat, hotel, fasilitas akomodasi, tiket acara lokal, atau juga paket wisata. Tak hanya membantu menghemat anggaran, namun juga akan membantu kita menikmati tempat wisata secara penuh.

6. Buat daftar packing

Buat daftar packing atau barang-barang apa saja yang akan dibawa. Biarkan setiap anggota keluarga membuat sendiri daftarnya. Lalu diskusikan bersama mana yang memang perlu dibawa, mana yang tidak. 

Sesuaikan baju yang akan dipakai dengan cuaca setempat. Juga jangan sampai membawa barang melebihi ketentuan bagasi pesawat terbang. (magforwomen.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com