Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kuliner Buka Perayaan Cap Go Meh di Pontianak

Kompas.com - 18/02/2016, 10:04 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis


PONTIANAK, KOMPAS.com – Perhelatan rangkaian akbar festival Cap Go Meh di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mulai digelar Rabu (16/2/2016). Wali Kota Pontianak, Sutarmidji resmi membuka Pekan Promosi dan Festival Kuliner dalam rangka perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2567 tahun 2016.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan dipusatkan di Jalan Diponegoro, Pontianak. Tak berbeda jauh dengan perhelatan tahun sebelumnya, rangkaian festival ini masih didominasi dengan beragam makanan khas Kota Pontianak yang disajikan di 54 stan yang disediakan panitia.

Berdasarkan pantauan, ratusan masyarakat berbondong-bondong datang dari berbagai penjuru menyaksikan secara langsung dibukanya Festival Kuliner. Rangkaian festival disambut dengan atraksi tarian dua Barongsai yang disambut hangat oleh masyarakat.

“Kota Pontianak sebagai kota dengan beragam etnis, merupakan suatu kelebihan dalam bidang pariwisata di Kota Pontianak. Dalam setiap momen, ragam budaya itu tentu selalu kita dukung,” ujar Sutarmidji, saat membuka Festival Kuliner Cap Go Meh (CGM) 2567, Rabu (17/2/2016).

Selain itu, Midji juga berharap Festival Kuliner di tahun depan bisa fokus menampilkan makanan khas etnis Tionghoa namun yang halal.  “Ke depan harus menampilkan yang betul-betul berasal dari etnis Tionghoa seperti bakmi, kwetiau, bakpao, tahu, cakwe, liang teh dan lain sebagainya,” harap Midji.

“Yang biasa-biasa saja jangan tampil di sini tapi pokoknya ke depan kita akan kemas lebih baik lagi,” tambahnya.

Terkait perayaan CGM di Kota Pontianak tahun ini, Midji mengklaim lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini rencananya akan ada arak-arakan naga dengan panjang mencapai 100 meter dan naga yang akan ditampilkan lebih banyak  dibanding tahun lalu.

“Tahun ini dengan 15 naga, tahun lalu itu hanya 12 dan ini semua karena antusias masyarakat,” katan Midji.

Perayaan Imlek dan CGM yang akan berlangsung dalam satu pekan ke depan diminati banyak warga luar Kota Pontianak, baik lokal maupun mancanegara.

“Hampir 5 ribu pengunjung dipastikan datang, itu bisa dilihat dari hotel dan penginapan semua sudah penuh, orang yang datang ke Singkawang menginapnya juga di Pontianak,” klaim Midji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com