Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cap Go Meh di Palembang? Kunjungi Pulau Kemaro

Kompas.com - 18/02/2016, 15:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak perayaan Cap Go Meh di Sumatera Selatan akan digelar di Pulau Kemaro, 18-23 Februari 2016. Acara ini diperkirakan akan dihadiri 80.000 umat Tridharma Palembang dan wisatawan mancanegara.

"Biasanya pengunjung semakin ramai berdatangan hingga jelang perayaan Cap Go Meh. Jumlahnya bisa mencapai 80 ribu orang.," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima KompasTravel di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Para pengunjung umumnya adalah masyarakat yang berasal dari dalam maupun luar kota Palembang. Selain itu, ada juga wisatawan asal Tiongkok, Malaysia, Singapura dan Hongkong.

Sebanyak dua ribu lampion dipasang mengelilingi Pulau Kemaro. Stan untuk pedagang juga ikut didirikan. Umumnya, stan-stan itu digunakan pedagang untuk menjual makanan, pernak-pernik aksesoris, mainan anak-anak hingga baju yang bergambar Pagoda Pulau Kemaro.

"Kami juga menyiapkan jembatan apung sepanjang 200 meter dari seberang pulau melewati gudang PT ISM Bogasari. Pengunjung bisa berangkat pakai tongkang, perahu, atau bisa lewat darat melalui jembatan apung yang dibangun," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camalyn Sinaga.

Pulau Kemaro dapat ditempuh dengan menggunakan sampan motor (sampan bermesin) dari dermaga PT Pusri Palembang dalam waktu tempuh lima menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com