Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips "Traveling" Ramah Lingkungan

Kompas.com - 22/02/2016, 18:04 WIB
KOMPAS.com - Traveling memang sangat menyenangkan dan memberikan banyak pengalaman di dalam hidup. Akan lebih berharga ketika traveling, kita juga sambil menjaga serta membantu melestarikan lingkungan. Nah, ini dia tips melakukan traveling ramah lingkungan yang bisa kita coba:

1. Gunakan transpotasi umum

Ketika melakukan perjalanan liburan atau traveling, pastikan untuk menggunakan angkutan umum selama di tempat tujuan.

Ini tentunya menghemat bahan bakar dan uang. Bila semua wisatawan menggunakan metode ini, terbayangkah bagaimana lingkungan yang ramah karena tidak menambah polusi?

2. Gunakan layanan secara bijak

Menginap di hotel atau tempat tempat penginapan lainnya sering membuat kita menyalahgunakan fasilitas yang ada, seperti lampu, AC, televisi, dan lainnya. Meski sudah membayar, namun perilaku bijak bukanlah dengan membuang sumber daya tersebut sia-sia.

3. Gunakan fasilitas kamar secara bijak

Jika handuk, sprei, dan selimut kamar di penginapan kita masih bersih, tidak perlu diganti setiap hari. Kita bisa menghemat banyak energi untuk hal ini.

4. Bantu melindungi satwa liar

Saat berkunjung ke suatu tempat, jangan membeli hewan dari spesies yang terancam punah. Hal ini adalah tindakan ilegal. Kita juga harus ikut mendukung tindakan membunuh dan menghancurkan satwa liar. Jangan membahayakan hewan lokal dalam bentuk apapun.

5. Jangan berkemah atau mendaki di daerah yang terlarang

Di beberapa begara, pemerintah daerah memberikan jalur khusus untuk hiking dan trekking bagi wisatawan. Namun, tak sedikit yang melanggar batas dari daerah yang disediakan dan ini dapat membahayakan lingkungan, khususnya daerah yang ditanami tanaman.

6. Hentikan langganan koran sementara

Tips melakukan traveling ramah lingkungan yang sederhana dan berguna yang banyak wisatawan adalah soal langganan koran di rumah. Meninggalkan rumah sementara waktu, sebaiknya hentikan pula sementara langganan koran, terutama jika Anda pergi dalam waktu lama. Ini akan membantu menyelamatkan banyak kertas serta pohon yang ditebang.

7. Bawa kantung belanja sendiri

Untuk mengurangi penggunaan kantung plastik, biasakan membawa kantung belanja sendiri. Pilih kantung belanja yang bisa dilipat dengan ringkas. (Monalisa Darwin D./Intisari/Sumber:magforwomen.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com