Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Video "Traveling"

Kompas.com - 22/02/2016, 22:06 WIB
KOMPAS.com - Membuat video perjalanan itu tidaklah susah. Hal tersebut diungkapkan Barry Kusuma, seorang travel photographer yang telah malang melintang di dunia foto dan video traveling

Menurutnya, video bisa berisi tentang perjalanan kita. isinya bebas mau keseruan perjalanan atau mengekslor destinasi yang dikunjungi. Berikut tips membuat video traveling dari Barry Kusuma.

1. Sama dengan membuat fotografi travel yang baik, membuat video perjalanan pun sudah harus memikirkan bagaimana konsepnya. Pengertian konsep di sini, mau seperti apa video yang dibuat.

Sebab, ada banyak macam dan ragam video perjalanan, seperti dokumentasi perjalanan, keseruan perjalanan bareng teman-teman, liputan destinasi, video timelapse atau stok video footage tentang keindahan destinasi wisata yang dikunjungi.

2. Karena video ini temanya adalah traveling, umumnya penyebaran video hanya untuk kebutuhan sosial media. Paling besar kegunaan untuk media televisi. Jadi pakai kamera poket atau DSLR yang entry level sudah sangat cukup.

Apalagi sekarang action camera sudah sangat banyak dan kebutuhan memakai action cam sudah sangat cukup untuk membuat video perjalanan yang berkualitas.

3. Jangan takut untuk mengambil banyak scene video, karena semakin banyak pilihan saat mengedit. Sering sekali ketika kita mengambil video, stok terasa cukup. Tetapi ketika sampai di proses editing ternyata stok jauh dari cukup.

Jadi, video tidak banyak berbeda dengan foto, sebaiknya ambil sebanyak-banyaknya dan pilih footage terbaik di antara semua stok yang ada.

4. Pembuatan video membutuhkan banyak baterai dan energi konsumsi kamera yang cukup boros. Jadi, wajib memiliki baterai cadangan minimal satu. Baiknya, dua baterai cadangan biar aman.

Apalagi kalau traveling ke destinasi yang cukup terpencil, sangat susah untuk mengisi daya baterai. Biasanya di tempat yang remote nan jauh dengan pemandangan luar biasa indah, tidak terasa tiba-tiba baterai yang dipakai di kamera sudah habis.

5. Buatlah angle yang menarik, agar tercipta sudut pandang yang juga sangat berbeda dari lainnya. Saat ini teknologi kamera video dan aksesorisnya begitu memudahkan videografer untuk berkarya.

Selain itu agar dapat membuat video yang bagus, sebelumnya perlu sering-sering melihat video traveling yang banyak. Referensi di Youtube cukup banyak untuk menemukan video perjalanan yang bagus dan bercerita.

6. Saat ini membuat video perjalanan bisa menggunakan kamera apa saja, tidak punya kamera DSLR bisa pakai smartphone. Ingin hasil lebih bagus dan tidak ribet bisa bawa action camera yang banyak dijual di toko-toko kamera.

Ingin hasil yang terlihat profesional bisa menggunakan kamera mirrorless dan DSLR. pakai kamera apa saja bisa asal tidak goyang. Gunakan juga tripod atau stabilizer untuk kamera. (Barry Kusuma)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com