Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Berwisata Cantik Tanpa Kantong Plastik", Gajah Pun Berpartisipasi

Kompas.com - 24/02/2016, 14:23 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Dua ekor gajah milik Bali Safari & Marine Park dikerahkan untuk berpartisipasi dalam acara dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2016 di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Bali.

Tema acara "Berwisata Cantik Tanpa Kantong Plastik" ini menambah semarak dengan keikutsertaan gajah bernama Tergesa dan Murni, dengan belalai dan dipandu pawangnya memunguti sampah di sekitar pantai.

"Temanya kali ini sangat menarik. Karena gajah sumatera memungkinkan bisa berkerja sama dengan manusia, untuk itu dibawa ke arena yang baru (pantai) tanpa membuat masalah dan membantu memungut sampah di sini," kata GM Bali Safari & Marine Park, Wiliam Santoso, di sela-sela acara, Selasa (23/2/2016). (Baca: Inilah Tradisi Mekotek di Hari Raya Kuningan)

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Pantai Mertasari di Sanur, Denpasar, Bali.
"Kami hanya membawa dua gajah saja. Tapi kami memilki jumlah gajah secara keseluruhan ada 32 ekor, yang dibawa ke sini (Pantai Mertasari) hanya dua ekor saja," tambahnya.

Acara yang juga dihadiri Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Kehutanan Bambang Dahono Adji ini cukup menjadi perhatian warga sekitar dan beberapa wisatawan yang sejak pagi mandi di Pantai Mertasari Sanur.

Apalagi dengan kehadiran dua gajah ini cukup memberikan dampak positif terkait sosialisasi kebersihan sampah terutama sampah plastik di sekitar pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com