Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ada Toilet di Atas Gunung Papandayan

Kompas.com - 25/02/2016, 14:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Saat mendaki gunung, urusan buang hajat kerap menyulitkan pendaki. Mereka harus mencari tempat "tersembunyi", seperti di balik semak-semak ataupun di dalam hutan yang tak terlewati oleh pendaki lain.

Namun, salah satu gunung di Jawa Barat "menepis" anggapan tersebut. Pendaki bisa memenuhi kebutuhan ini dengan nyaman karena adanya fasilitas kloset dan air bersih yang terus mengalir.

Adalah Gunung Papandayan yang menyediakan fasilitas toilet di atas gunung untuk para pendaki. Di beberapa titik jalur pendakian, pendaki bisa memanfaatkan toilet yang tersedia dengan biaya sukarela yang nantinya akan digunakan untuk perawatan toilet.

(Baca juga: Mau Mendaki Gunung Papandayan? Baca Tips Ini Dulu...)

Pendaki bisa menemukan toilet-toilet itu di pos-pos pendakian, seperti Pos Puncak Kawah, Pos Persimpangan Pondok Saladah-Hoeberhoet, dan juga di Pos Pondok Salada. Terdapat hampir sekitar 20 bilik toilet yang dapat digunakan.

Seorang relawan Gunung Papandayan, Yunus (25), yang tengah menjaga toilet di Pondok Salada, menuturkan, kehadiran toilet di Pondok Salada berawal dari ide seorang pendaki asal Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan panggilan Pak Aris pada tahun 2014. Ia menceritakan, warga di sekitar Gunung Papandayan ditawari untuk membangun toilet di Pondok Salada.

"Dulu, dia suka bawa tamu untuk mendaki Gunung Papandayan, tetapi kok ngerasa kesulitan kalau mau buang hajat. Nah, dia izin ke BKSDA, dan sempat nawarin uang atau bahan toilet. Kami ambil bahannya aja," cerita laki-laki asal Desa Kramat Wangi itu.

Di Pondok Salada terdapat tiga toilet bercat biru berbentuk tabung yang berdekatan dengan mushala. Di bagian atas toilet itu tertulis "abalaba sauyunan ngarumat" yang berarti "kelompok pekerja dan saling menjaga bersama".

(Baca juga: Tak Hanya Manusia, Motor Pun Mendaki Gunung Papandayan)

KompasTravel melihat air yang berasal dari mata air itu terus mengalir di toilet-toilet. Selain itu, air juga dialirkan melalui pipa untuk bekal minum dan memasak para pendaki di Pos Pondok Salada.

Toilet-toilet di Pondok Salada yang berbentuk tabung tersebut berbahan fiber dan memiliki pintu yang dapat ditutup.

Seorang pendaki asal Bandung di Pondok Salada, Diati Levi Putri (22), menuturkan, tak terbayang jika ada toilet di atas gunung. Ia mengaku, pada pengalaman pertamanya mendaki Gunung Papandayan ini, fasilitas toilet yang ada di Pondok Salada tergolong rapi dan bersih.

"Biasanya kehambat kalau mau buang air di gunung. Namun, di Papandayan, fasilitas toiletnya sangat membantu," ujar Putri.

Di beberapa toilet di Gunung Papandayan, biaya yang tertulis untuk dapat menggunakan toilet adalah Rp 2.000. Namun, Yunus mengatakan, biaya tersebut disesuaikan dengan kemampuan para pendaki untuk dapat membayar biaya perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com