Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines Komitmen Promosikan Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 25/02/2016, 21:40 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Singapore Airlines (SIA) komitmen mempromosikan wisata Indonesia sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama dengan Kementerian Pariwisata yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir.

"SIA bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk melakukan promosi tentang destinasi wisata di luar negeri," ujar Manager Public Relations Singapore Airlines, Glory Henriette, di sela "Singapore Airlines Travel Fair 2016" di Surabaya, Kamis (25/2/2016).

Ia menjelaskan, kerja sama tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak 2000 dan saat ini kedua pihak sedang membuat kesepakatan melalui nota kesepahaman baru.

Menurut Glory Henriette, salah satu lokasi yang menjadi sasaran wisatawan ke Indonesia adalah Bali, sedangkan untuk Jakarta dan Surabaya lebih banyak untuk kepentingan bisnis.

Perjalanan dari Bali ke Singapura dan sebaliknya, setiap hari Singapore Airlines melayani empat kali penerbangan, kemudian Jakarta ke Singapura pulang pergi sebanyak sembilan kali penerbangan.

"Kalau Surabaya ke Singapura pulang pergi, setiap harinya dua kali penerbangan," ucapnya.

Sementara itu, tingkat isian penumpang Singapore Airlines mengalami kenaikan 3,7 persen, yakni 76,5 persen pada Januari 2015 menjadi 80,2 persen pada bulan yang sama tahun ini.

BARRY KUSUMA Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.
Tingginya tingkat isian penumpang di seluruh wilayah, lanjut Glory, karena banyaknya penerbangan kembali usai musim liburan tahun baru, ditambah adanya pengubahan jadwal penerbangan ke luar negeri saat perayaan Tahun Baru Imlek.

"Kalau sebelumnya Imlek jatuh pada Februari, tahun ini masuk akhir Januari sehingga sangat berpengaruh terhadap penumpang," katanya.

Singapore Airlines Travel Fair

Singapore Airlines Travel Fair 2016 yang digelar di Supermal Main Atrium Surabaya pada 25-28 Februari menargetkan tingkat kunjungan melebihi 20.000 orang.

"Untuk menarik pengunjung, kami menghadirkan kursi kelas bisnis lengkap dengan awak kabin," kata General Manager SIA Indonesia Edwin Chang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com