Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Gerhana Matahari, Balikpapan Gelar Atraksi Budaya

Kompas.com - 28/02/2016, 13:50 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Balikpapan akan memanfaatkan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 untuk menggelar atraksi budaya.

"Gerhana matahari total tahun ini melewati Balikpapan. Kami akan manfaatkan dengan menggelar atraksi budaya dan kegiatan lainnya," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Balikpapan Oemy Facesli saat dihubungi di Balikpapan, Sabtu (27/2/2016).

Menurut dia, ada dua lokasi di Balikpapan yang dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total tersebut yakni lapangan Merdeka dan Pantai Manggar.

"Kami akan adakan kegiatan di dua tempat untuk menyambut fenomena gerhana matahari itu. Di lapangan Merdeka, kami gelar atraksi budaya bekerja sama dengan on Hesher Balikpapan," jelas Oemy Facesli.

Sedangkan di Pantai Manggar, selain menggelar pesta laut, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Balikpapan juga akan mengadakan lomba perahu hias dan perahu naga.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menggelar kuliner berbahan ikan dan minuman khas Balikpapan, serta makan 2.119 mantau bekerja sama dengan Bahana Surya hotel," kata Oemy Facesli.

Fenomena langka tersebut, tambahnya, akan dijadikan momen untuk menarik wisatawan serta mempromosikan pariwisata di Kota Balikpapan. Hingga saat ini tingkat keterisian atau okupansi hotel di Balikpapan sudah mencapai 85 persen.

"Sampai pekan kemarin keterisian hotel di Balikpapan mencapai 85 persen, mereka menginap rata-rata mulai tanggal 8 sampai 10 Maret 2016 untuk menyaksikan gerhana matahari total. (Antara/Novi Abdi)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com