Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Memburu Wisatawan Asing

Kompas.com - 02/03/2016, 20:25 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS — Program diskon kembali hadir selama sebulan penuh di Malaysia lewat program Malaysia Super Sale and Shopping Malaysia Grand Launch 2016. Kegiatan yang berlangsung 1-31 Maret 2016 ini akan diikuti sekitar 500 pusat perbelanjaan di sejumlah sudut kota Malaysia.

Diskon yang ditawarkan dalam kegiatan ini mencapai 70 persen. Selain aneka merek internasional, merek lokal, seperti Vincci, juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Agnes Rita Sulistyawaty, dari Kuala Lumpur, Malaysia.

General Director Malaysia Tourism Promotion Board Datuk Seri Mirza Mohammad Taiyab mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2000 di Malaysia.

"Kegiatan ini kami adakan untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Malaysia dan berbelanja. Sebab, dengan potongan harga yang kami tawarkan, harga barang di sini jauh lebih murah dibandingkan dengan di negara lain, seperti Singapura dan Indonesia," kata Mirza dalam wawancara dengan Kompas, Selasa (1/3/2016).

Selain pesta diskon pada awal tahun, tercatat ada dua kegiatan serupa yang diselenggarakan di Malaysia. Pada pertengahan tahun, ada kegiatan mega supersale dan year end supersale di pengujung tahun. Ketiga kegiatan pesta diskon itu dilaksanakan sejak tahun 2003.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Malaysia. Tahun ini, Pemerintah Malaysia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sampai 30 juta orang atau naik dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu, yakni 23,14 juta orang.

Jumlah kunjungan wisatawan ini bahkan hampir menyamai jumlah penduduk Malaysia yang berjumlah 29 juta jiwa. Pendapatan dari belanja turis tahun ini ditargetkan mencapai 103 juta ringgit Malaysia (Rp 330,5 miliar).

Deputy Minister of Tourism and Culture Malaysia Datuk Hajah Ermieyati bin Samsudin mengatakan, kegiatan supersale ini merupakan bagian dari promosi Malaysia sebagai tempat yang nyaman untuk belanja dan mendapatkan harga terbaik.

Untuk acara kali ini, tercatat 609 usaha kecil menengah turut berpartisipasi. UKM ini tidak hanya berasal dari Malaysia, tetapi juga dari luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com