Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Sentra Industri Gerabah Dusun Klepoh

Kompas.com - 03/03/2016, 09:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menikmati Candi Borobudur tak hanya dengan cara melihat relief-relief candi dan juga stupa lalu berfoto. Cobalah untuk pergi ke Desa Wisata Sentra Industri Gerabah di Dusun Klipoh, Desa Karang Anyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Wisatawan bisa langsung mencoba membuat gerabah dengan para perajin gerabah yang beraktivitas setiap hari. Di sana, wisatawan bisa membuat aneka macam kerajinan gerabah.

"Di sini bisa bikin apa saja, misalnya mangkuk, stupa candi, wajan, kendi, guci, dan anglo. Membentuk apa saja tergantung tekanan tangan," kata Saroyah kepada KompasTravel saat ditemui di halaman rumahnya, pekan lalu.

(BACA: Mau Buat Gerabah seperti Demi Moore di Film"The Ghost"? Datang ke Sini...)

Dusun Klepoh terletak sekitar 45 kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Wisatawan yang ingin mencapai sentra pembuatan gerabah yang terletak di sekitar area Candi Borobudur tersebut bisa menggunakan bus dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor.

Jika datang dari Stasiun Tugu maupun Stasiun Lempuyangan, wisatawan dapat menaiki pilihan ojek motor maupun taksi untuk menuju Terminal Giwangan.

Harga ojek motor yang dibutuhkan dari Stasiun Tugu maupun Lempuyangan menuju Terminal Giwangan yakni berkisar sekitar Rp 30.000 - Rp 50.000.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Perajin gerabah di Kampung Klipoh, Desa Karang Anyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Saroyah (43), tengah membimbing pengunjung cara membuat kerajinan gerabah, Rabu (24/2/2016).
Kemudian setelah tiba di Terminal Giwangan, carilah bus dengan tujuan Candi Borobudur. Harga tiket bus yang harus dibayarkan adalah Rp 25.000 - Rp 30.000.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menuju Candi Borobudur menggunakan bus adalah jam keberangkatan terakhir. Bus akan terakhir berangkat pada pukul 16.00 WIB.

Saat telah naik bus, jangan lupa untuk minta diturunkan di pintu masuk Candi Borobudur. Dari sana, untuk menuju Dusun Klipoh, wisatawan dapat menggunakan ojek motor.

Ojek motor ke Dusun Klipoh akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000. Minta pengemudi ojek untuk mengantarkan ke Sentra Industri Gerabah Dusun Klipoh, Desa Karang Anyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com